Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 21 Desember 2011 , oleh angga , pada kategori Berita

Sebanyak 400 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Minggu (18/12), ikut berperan serta dalam rangka mensukseskan launching “ Malang Car Free Day “ yang sukses memecahkan rekor MURI. Keikutsertaan mahasiswa FK ini berupa Pemeriksaan kesehatan terbanyak dengan jumlah 20.000 orang pasien dan 1000 orang tenaga medis yang merupakan program kerjasama Koran Harian Radar Malang (Jawa Pos Group),  Pemerintah Kota  Malang dan Polres Malang Kota serta didukung oleh relawan tenaga medis dari Fakultas Kedokteran dan Sekolah Tinggi Kesehatan Se Malang Raya yang dipusatkan di Jalan Ijen Boulevard , Kota  Malang .

Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa FKUB bersama dengan 600 mahasiswa kesehatan lain melayani pemerikasaan gratis bagi masyarakat sebanyak 20.000 orang tersebut berasal dari beberapa elemen dan tingkatan usia yaitu mulai dari : Siswa Siswi dari SD, SMP, SMA serta instansi publik seperti TNI dan Polri serta Masyarakat Umum.

Malang Car Free Day adalah program dari Pemerintah Kota Malang yang berdasarkan dari beberapa pemikiran antara lain : 1). Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, Kota Malang membutuhkan tempat yang representative untuk family day (keluarga) bersantai secara alami yang  bebas polusi dan biaya. 2). Program Millenium Development Goals (MDGs) mencanangkan keluarga sebegai pemberdaya perubahan pada 2011 – 2016, baik dalam lingkungan terkecil (keluarga) maupun terbesar (peradaban). 3). Jika Kota Jakarta ada family day lewat program car free day di jalan Thamrin – Sudirman, Kota Surabaya juga punya di Jl. Darmo, maka Kota Malang juga punya jalan Ijen Boulevard untuk keluarga.

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan di minggu-minggu berikutnya, dimulai pada jam 05.00 sampai 09.30 . Sehingga ini merupakan ikon baru bagi masyarakat Malang dan luar Kota Malang sebagai alternatif baru untuk bersantai, berolah raga dan berkumpul dengan keluarga, rekan, sahabat dengan aman, bebas polusi dan hemat biaya. (Ang/ dari berbagai sumber)