Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 April 2018 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

workshop lab biomedikLaboratorium Sentral Biomedik (LSB) merupakan laboratorium terbesar di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. yang memberikan pelayanan penelitian baik untuk penelitian di dalam FKUB maupun dari luar FKUB.

Dalam mendukung tujuan yang sesuai dengan visi dan misi Universitas dan Fakultas menuju World Class University, diperlukan dukungan dari laboratorium dan penelitian yang berkualitas. Kualitas tersebut ditunjukkan melalui kemampuan laboratorium sehingga menjadi acuan bagi para peneliti untuk melaksanakan kegiatan penelitiannya di Lab Sentral Biomedik (LSB)  karena memiliki metode – metode yang selalu update dan terstandar.

Untuk mendukung upaya tersebut LSB  menyelenggarakan Workshop dengan tema: “Peran Protein Rekombinan di Dunia Kedokteran, Teori dan Aplikasinya dan Wet Workshop: Tehnik Dasar Kloning pada hari Rabu sampai dengan Kamis (11-12/4/18).

Menurut Kepala Lab Sentral Biomedik FKUB  Dr. rer. nat Dra. TRI YUDANI MARDINING RARAS, M.App.Sc.  dalam laporannya menyampaikan , Workshop pada tahun ini difokuskan pada bidang Biologi Molekuler. Untuk workshop yang pertama bertema Protein Rekombinan dari teori sampai aplikasi pada bidang kedokteran. Selain seminar  pada  kegiatan ini dilaksanakan pula wet lab.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan manfaat protein rekombinan dibidang kedokteran serta pengenalan teknik dasar molekuler seperti DNA electrophoresis, trasnformasi plasmid dan PCR kepada para peneliti.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari peneliti, klinisi, staf dosen dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang yang berasal dari Perguruan Tinggi dan Lembaga Riset seluruh Indonesia (nasional). Setelah mengikuti workshop dharapkan peserta mampu memahami pengembangan protein rekombinen  dari desain sampai produksi skala Lab.  para peneliti di seluruh Indonesia lebih mengenal LSB FKUB serta aktivitas ilmiahnya secara riil.  (An4nk – Humas FKUB)