Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 16 Oktober 2015 , oleh angga , pada kategori Berita

Audit Internal Mutu (AIM) merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pendidikan dengan standar tertentu. Di lingkungan Universitas Brawijaya, AIM merupakan kegiatan yang berkelanjutan dalam rangka evaluasi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Tahun 2015 ini merupakan AIM Siklus 14. Ada beberapa indikator yang ingin dicapai ini, antara lain : memantau kepatuhan fakultas terhadap temuan pada siklus sebelumnya, melakukan kajian terhadap capaian implementasi standar mutu UB, memantau implementasi ISO 9001:2008 pada seluruh laboratorium, memantau capaian kinerja fakultas sebagai Satker PK BLU dan upaya meningkatkan ketertiban administrasi dan kinerja dalam bingkai data base yang valid.

Memperhatikan hal ini maka perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh pada kinerja semua unit dalam struktur organisasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya agar dapat diketahui apakah perencanaan yang ditetapkan telah diimplementasikan. Diharapkan dengan lokakarya ini koordinasi antar bagian, unit dan semua pemangku kepentingan di tingkat fakultas akan dapat menyelesaikan temuan AIM siklus 13 sebelumnya dan dapat mempersiapkan AIM siklus 14 secara matang..

Ruang lingkup acara lokakarya ini adalah fokus pada penyelesaian dan tindak lanjut hasil temuan AIM Siklus 13 Tahun 2014 dan mempersiapkan semua kegiatan dan dokumen terkait standar AIM Silus 14 . Guna mempermudah penyelesaian maka kriteria dalam Borang Evaluasi Fakultas AIM Siklus 14 dipilah berdasarkan kewenangan atau tanggungjawab. Berdasarkan hal ini maka dibentuk lima kelompok, yaitu :

  1. Kelompok I terdiri atas : Dekan, Kasubag Akademik, Kaur Akademik, Kepala BPPM, Sekretaris BPPM, perwakilan BPPM, Adm. BPPM, Adm. FKUB Menulis, Adm. Perpustakaan, (Koordinator : Dian Handayani, SKM., Ph.D)
  2. Kelompok II terdiri atas : Wakil Dekan II, Kasubag Keuangan & Kepegawaian, Kasubag Umum & Perlengkapan, Kaur Kepegawaian, Bendahara, Kaur Keuangan Bagian Penerimaan Keuangan., Kaur Perlengkapan, Kaur Pengadaan, Sekpim Dekan, dan perwakilan Tim Perencanaan Fakultas (Koordinator : dr. Dian Nugrahenny., M.Biomed)
  3. Kelompok III terdiri atas : Wadek III, Kasubag KMA, Kaur KMA, Ketua Tim Kerja Sama Dalam Negeri, Ketua Tim Kerja Sama Luar Negeri, Adm. Tim Kerja Sama. (Koordinator : dr. Eriko Prawestiningtyas, SpF)
  4. Kelompok IV terdiri atas : Tim Gugus Jaminan Mutu (GJM) FKUB (Koordinator : Kuswantoro Rusca Putra, S.Kep, M.Kep)
  5. Kelompok V terdiri atas : Perwakilan Tim Web site FKUB (Koordinator : dr. Siwipeni Irmawanti Rahayu, M. Biomed)

Masing-masing kelompok diberi tanggung jawab menindak lanjuti temuan-temuan tersebut sehingga pada akhir acara diharapkan semua temuan telah selesai.

Sesuai pembagian kelompok tersebut di atas maka Peserta  kegiatan ini adalah Unsur Pimpinan, KTU, Kasubag, Kaur, Tim Kerjasama Dalam / Luar Negeri, UPP – UPPM, Tim Website, GJM dan administrasi pendukung lainnya dengan jumlah 54 peserta.