Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 April 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_launching_profesigiziDalam rangka upaya mencapai tujuan untuk menghasilkan tenaga profesi gizi yang beragama dan mampu mengamalkan kemampuan profesi secara baik dan manusiawi, berdedikasi tinggi pada profesi dan klien, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi penanganan gizi.  Maka Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menggelar “Launching Pendidikan Profesi Gizi”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (23/4) di Ruang Auditorium lantai 6 GPP tersebut  dibuka secara resmi oleh Dekan dan  dihadiri oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan III, Kajur Gizi, Kajur Pendidikan Dokter Gigi, Undangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota, Stake holders, lahan jejaring, Para dosen serta Mahasiswa.

Dalam sambutannya Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA mengatakan, Pendidikan Gizi mempunyai peranan yang sangat penting secara nasional. Dalam rangka memenuhi pelayanan masyarakat untuk itu diperlukan program – program lanjut yang dapat mengantarkan para tenaga gizi dalam mengabdi kepada masyarakat.

Selain itu Yosfi Rahmi S. Gz. MSc, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan Program pendidikan profesi gizi ini dimulai pada tahun ini, Semester Genap T.A 2011/2012, dengan angkatan pertama sebanyak 12 intern. Dalam pendidikan profesi ini intern akan praktek secara tersupervisi melalui tiga rotasi: 1) clinical dietetics, 2) community dietetics dan 3) food service management. Dengan pendidikan profesi gizi ini diharapkan akan dilahirkan para dietisien yang berkualitas.

Disamping itu, dalam Launching Pendidikan profesi gizi ini dihadirkan pula para pemateri yang berasal dari beberap instansi terkait antara lain: 1). Prof. Soekirman, SKM, MPS – ID/KIGI (“Perkembangan Pendidikan Profesi Gizi di Indonesia”), 2). Edith Sumedi, BSc, SKM, MSc / DPP PERSAGI (“Standart Pelayanan Gizi dan Jenjang Karier Profesi Gizi di Indonesia”). 3). Martalena Purba, MCN, PhD / AIPGI (“Naskah Akademik Pendidikan Profesi Gizi diIndonesia”). (Ang)