Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Maret 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

majesti_1Mahasiswa mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya kembali berpartisipasi dalam acara ilmiah Majesty Nasional yang merupakan acara rutin yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dalam acara ini delegasi Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya kembali membuktikan eksistensi dalam mengikuti kegiatan ilmiah nasional, itu dapat dibuktikan dari antusiasme dalam mengikuti acara ini sehingga dapat terseleksi finalis yang lolos yaitu tiga belas orang beserta dua mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Univeristas Brawijaya yang turut berpatisipasi dalam acara Majesty Nasional 2016 ini.

Ada beberapa cabang yang lolos seleksi menjadi finalis yaitu karya tulis ilmiah, poster ilmiah, poster publik dan video edukasi. Berikut finalis dari karya tulis ilmiah yaitu Kharisma Ridho Husodo (Pendidikan Dokter 2012), Muhammad Nazhif Haykal ( Pendidikan Dokter 2014), Riz’q Threevisca Chriswantara (Pendidikan Dokter 2014), Endah Muspita Ekawati (Ilmu Gizi 2013), Ria Sherliana (Pendidikan Dokter 2014), Naya Adi Dharmaesta (Pendidikan Dokter 2012), Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi 2014), Adistya Alfatikha Rahma (Farmasi 2014) lalu finalis dari poster ilmiah yaitu Mohammad Aulia Arif Agus Suyono (Pendidikan Dokter 2014) kemudian finalis poster publik yaitu R. Atiharsa Satriya Bagus (Pendidikan Dokter 2013), Ridlo Ruditya Putra (Pendidikan Dokter 2013), Arbi Rizal Fathoni (Pendidikan Dokter 2013) juga dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Univeristas Brawijaya lalu yang terakhir ada finalis video edukasi yaitu Linati Shabrina (Pendidikan Dokter 2014), Belladikna Brillianty Sugiatno (Pendidikan Dokter 2014).

Rangkaian acara Majesty Nasional Berlangsung 3 hari, mulai dari 18 Maret hingga 20 Maret 2016. Hari pertama diawali dengan pembukaan “Welcoming Party“ dan penyambutan para finalis yang bertempat di gedung Aula Fakultas Kedokteran Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta lantai 4. Penyambutan diawali oleh panitia dari lembaga ilmiah muhammadiyah medical research community, lalu diikuti oleh Dekan FKK UMJ dan Rektor UMJ serta sedikit pidato dari panitia terkait, setelah itu pada hari pertama ini para finalis langsung dijadwalkan untuk mempresentasikan karya – karya di hadapan beberapa juri yang memang sangat kompeten di bidang penyakit Kanker, lomba pada hari pertama dibagi dalam dua sesi dikarenakan bertepatan dengan hari jumat.

Setelah para peserta selesai hari pertama ditutup malam keakraban di wisma yang disiapkan oleh panitia dan diikuti oleh semua delegasi dari seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia yang lolos seleksi menjadi finalis.

Pada hari kedua merupakan hari diselenggarakan simposium nasional ke 4 Majesty Nasional 2016 yang bertemakan “Recent update on the most prevalent type of cancer in Indonesia” dan ditutup oleh workshop, simposium ini sendiri mulai jam 07.30 – 15.00 WIB dan dihadiri oleh pembicara yang sangat berkompeten dalam bidang penyakit kanker. Dan pada malam harinya ada kegiatan yang memang sangat ditunggu – tunggu oleh semua finalis yaitu “farewell party” beserta pengumuman pemenang setiap cabang lomba. Alhamdulillah, dengan rahmat Tuhan YME. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya menyabet Juara 1 dalam cabang lomba karya tulis ilmiah. Hal ini merupakan rahmat yang sangat disyukuri karena para finalis atau delegasi tidak pulang dengan tangan kosong.

Pada hari terakhir yaitu hari minggu diisi oleh kegiatan city tour menuju Taman Mini Indonesia Indah dan dilanjutkan menuju ikon kota Jakarta yaitu Monumen Nasional atau biasa disebut monas, selanjutnya pada sore hari semua delegasi pulang ke daerah asal masing – masing. Semoga dengan adanya minat dan bakat mahasiswa mahasiswa di FKUB, dapat meneruskan eksistensi keilimiahan di ajang ajang perilmiahan nasional maupun internasional lainnya. (Mahasiswa for Humas FKUB)majesti_2