Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 16 November 2011 , oleh angga , pada kategori Berita

Rektor didampingi oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Pembantu Rektor I dan Pembantu Rektor IV UB serta tim dari TIK dan UB Press mengadakan kunjungan  kerja ke Fakultas Kedokteran UB.   Sebelumnya agenda kunjungan ke fakultas-fakultas ini sudah dilaksanakan Rektor dan Tim mulai tanggal 31 Oktober – 16 Oktober 2011. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa, (15/11/2011) bertempat di ruang Auditorium Lantai 6, Gedung GPP Fakultas Kedokteran UB yang dihadiri oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan III serta Kasubag dan  Dosen FK.

Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito dalam sambutannya menyampaikan, “ Dalam kaitan pencapaian tujuan pemeringkatan skala Internasional bagi UB ini akuntabilitas dengan program pemerintah yang memanfaatkan teknologi web adanya distance learning dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa dengan pembelajaran jarak jauh. Universitas Brawijaya (UB) khususnya Fakultas Kedokteran sebagai lembaga pendidikan kesehatan masyarakat, wajib untuk menginformasikan kegiatan, penelitian, temuan-temuan dan aktivitasnya ke publik. Karena UB yang semua fakultas, unit dan jurusan memperoleh sertifikat ISO dan standart layanan prima maka perlu suatu publikasi yang bisa dilihat didunia Internasional melalui laman  resmi www.ub.ac.id,  supaya masyarakat dan pihak pemeringkatan dunia seperti Webomestrics dan QS Stars bisa mengetahui informasi dari web tersebut ”.

Selanjutnya, web ini tidak hanya bisa diisi dengan informasi kegiatan akademik dan non akademik saja. Tetapi sudah dilengkapi dengan link-link yang menghubungkan dengan blog-blog dosen dan mahasiswa yang berisi tentang jurnal dan karya ilmiah yang dimasukkan ke web UB untuk membantu kuota penilaian pemeringkatan. Sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu peraturan presiden terbaru yang mewajibkan bagi para mahasiswa S2 dengan 1 judul jurnal ilmiah dan S3 dengan 3 judul jurnal ilmiah. Dan UB akan mengembangkan untuk merangkum semua jurnal tersebut memperbanyak jumlah kuota informasi dan karya ilmiah.

Sementara itu, Arif dari tim pengembangan pemeringkatan ub menjelaskan, ada dua macam pemeringkatan Internasional antara lain QS- Stars dan  Webometrics dimana QS- Stars menilai dari segi Research, Employability, Teaching dan Internationalitation. Sedangkan Webometrics sendiri menilai dari size (jumlah halaman), visibility (jumlah link dari situs lain), rich files (banyaknya file pdf, ps, doc, dan ppt), dan scholar (banyaknya karya ilmiah). Secara periode peringkat Webometrics akan diterbitkan setiap enam bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini mengukur lebih dari 16.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori.
Karena kuota yang selama ini tersedia sekitar enam tetrabyte masih dipergunakan satu tetrabyte saja. UB saat ini berada dibawah urutan ranking webometrics dengan universitas tetangga yaitu Universitas Negeri Malang (UM) yang berada diperingkat ke-enam dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) diperingkat delapan, sedangkan ub masih di peringkat ke-lima belas yang berarti seluruh warga UB diminta untuk aktif mempublikaskan karya dan jurnal ilmiahnya dengan menggunakan akun email ub.ac.id. (Ang)