Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 5 Pebruari 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

FK Juara di USUKontingen Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) kembali mengukir prestasi di skala nasional, setelah dinyatakan sebagai finalis dalam Kompetisi Ilmiah Nasional tahunan  “Scripta Research Festival 2016”  yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran  Universitas Sumatera Utara (FK-USU) Medan.

Dalam rangkaian acara SRF  yang berlangsung selama lima hari, mulai dari 29 Januari hingga 2 Februari 2016 kemarin,  Mahasiswa kita berhasil menyabet beberapa Juara  antara lain: Juara   2  kategori lomba Poster Ilmiah dan Juara 2  kategori lomba Video  Edukasi.

SRF 2016 ini merupakan kegiatan Kompetisi Ilmiah Nasional yang didalamnya juga diselenggarakan pula lomba di Bidang Keilmiahan dengan cabang lomba antara lain: Poster Ilmiah, Video Edukasi, dan Poster Popular.

Ketujuh orang peserta yang mewakili FKUB dalam kegiatan tersebut diantaranya; Delegasi poster ilmiah adalah Ika Dewi Soraya (Pendidikan Dokter, 2013), Lia Dia Farida (Pendidikan Dokter, 2014), dan Rizkha Farida (Pendidikan Dokter, 2013); dan Ria Sherliana (Pendidikan Dokter, 2014), Editya Fukata (Pendidikan Dokter, 2015), dan Edvin Prawira (Pendidikan Dokter, 2014).

Selain itu, delegasi video edukasi dan poster popular adalah Fatika Maulidyah Yuwanto (Ilmu Keperawatan, 2014) bersama dua orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)UB.

Hari pertama diawali dengan pembukaan dan penyambutan yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota Medan. Penyambutan dipersembahkan oleh rekan–rekan panitia, ketua lembaga ilmiah FK-USU, Direktur FK-USU, Wakil Rektor 3 USU, dan Walikota Medan.

Hari kedua merupakan hari paling mendebarkan karena kesemua finalis harus mempresentasikan karya-karyanya di depan juri yang berkompeten di bidang neurologi dan psikiatri untuk kemudian dipilih tiga tim sebagai pemenang. Setelah presentasi karya dilaksanakan, semua finalis menyegarkan diri dengan berkeliling  kota Medan.

Hari kedua merupakan hari dilaksanakannya Simposium Nasional SRF 2016 yang bertemakan Clinical Updates and Holistic Management of Neurology Disease (Highlight on Stroke and Meningitis). Kemudian di malam harinya, diadakan makan malam bersama dan pengumuman para pemenang SRF 2016 di setiap cabang lomba.

Setelah pengumuman pemenang, hari keempat diisi dengan tur menuju Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara. Kemudian, pada 2 Februari 2016, semua delegasi pun kembali ke daerah asal masing-masing. Semoga FKUB dapat meningkatkan eksistensi keilmiahannya di ajang-ajang bergengsi lainnya.

Berikut adalah peserta yang menjadi finalis dari masing –masing kategori lomba dari kegiatan  SRF 2016; Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia, Universitas Halu Oleo, Universitas Andalas, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Atma Jaya¸ Universitas Sumatera Utara, Universitas Jember, Universitas Sriwijaya, , Universitas lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Hassanudin, Universitas tanjung Pura, Universitas Islam Malang dan Universitas Islam Indonesia. (Humas FKUB)