Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 29 September 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

cfd14

Tak disangka tingginya apresiasi masyarakat terhadap kesehatan membuat program Konsultasi Gizi tak pernah sepi. Program yang diadakan rutin setiap satu tahun sekali oleh Organisasi Mahasiswa Gizi (Ormagika)  Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB)  ini mampu menyedot perhatian dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.  Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, lansia, hingga ibu hamil yang turut serta mengikuti kegiatan ini.

Setelah Kozi dilaksanakan 3 kali di wilayah UB, kali ini panitia mencoba untuk menjajaki tempat  baru yang sangat digemari masyarakat untuk beraktivitas ringan sampai olahraga pada hari minggu yaitu Car Free Day (CFD) di jalan Ijen Boulevard, Malang pada Minggu (14/9) lalu.

Pada event CFD  semua kalangan umur  di Malang berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyehatkan mulai dari senam sehat, berlari, hingga bersepeda. Tentu  masyarakat  yang  melakukan kegiatan disana merupakan masyarakat yang sadar dan peduli akan pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Hal inilah yang mendasari Fauziah Firdaus selaku ketua panitia Kozi 2014, menurutnya ia bersama tim tidak akan melewatkan kesempatan untuk terjun langsung ke masyarakat dengan mengadakan Kozi di wilayah CFD.  Dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan pentingnya gizi bagi kesehatan mereka, sehingga dengan demikian  selain dengan olahraga rutin, masyarakat  juga membutuhkan referensi  akan pentingnya asupan makanan yang mereka konsumsi setiap hari.

cfd14_1Tak tanggung-tanggung 12 Ahli Gizi lulusan FKUB telah dilibatkan dan  bekerjasama dengan panitia untuk ikut serta dalam kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan pelayanan konsultasi gizi yang baik dan akurat.

Disamping itu, selain  Ahli Gizi yang berpengalaman, keterlibatan para mahasiswa/i Gizi FKUB  yang juga turut berpartisipasi  dalam memberikan pelayanan acara tersebut sebagai partisipan dengan melakukakan tugas mulai dari pengukuran Anthropometri, dan tabulansi dimana peran aktif mereka diharapkan  dapat  membantu menentukan status gizi pada tiap-tiap individu.

Berbagai pendapat telah disampaikan oleh masyarakat mengenai acara ini, salah satunya adalah mereka sangat senang dan antusias dengan adanya acara Kozi ini karena acara Kozi dapat sebagai wadah bagi mereka untuk lebih mengerti akan pentingnya kesehatan dalam bidang gizi. (Fauziah/An4nk)