Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 11 Juli 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Rabu (4/7), melaksanakan Mini Lokakarya dengan tema “Konsep dan Model Reformasi Puskesmas” yang dipusatkan di Ruang Sidang Senat lantai 6, FKUB.

Kegiatan yang bertujuan dalam upaya menyongsong Universal Coverage Asuransi Kesehatan tahun 2014 ini dihadiri oleh Dekan,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang beserta Staf, Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat, Kepala Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyakat (IKM) dan Para Staf IKM .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Dra. Mursyidah, Apt., M. Kes dalam sambutannya menyampaikan, “hal yang mendasari kegiatan ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Malang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat bidang kesehatan”, pungkasnya.

Ia menambahkan, Pemkab Malang saat ini sudah berupaya maksimal dalam upaya yang terkait dengan hal tersebut dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk serta letak geografis wilayah yang cukup besar saat ini kami sudah membuat beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Polindes. “Kebijakan pembangunan kesehatan ini bertujuan untuk memudahkan dalam jangkauan pelayanan bidang kesehatan untuk masyarakat”, kata dia.

Menurut Mursyidah, saat ini Pemkab Malang sudah memiliki fasilitas penunjang diantaranya 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), 13 Rumah Sakit swasta, dan sejumlah Puskesmas yang tersebar di tiap-tiap Kecamatan yang juga melayani rawat inap yang diperuntukkan bagi masyarakat dalam pelayanan kesejahteraan kesehatan.

Selain itu Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA menambahkan, lokakarya ini merupakan upaya kita bersama dalam upaya menyongsong universal coverage asuransi kesehatan tahun 2014, dimana FKUB sebagai Institusi pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menerapkan dan menyesuaikan kurikulum pendidikan yang hasilnya diharapkan dapat diaplikasikan bagi para calon tenaga kesehatan kedepan. (Ang)