Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 September 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

 Sebagai bentuk tanggung jawab sebuah institusi penyelenggara pendidikan maka Program Studi Ilmu Keperawtan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) mengundang seluruh orang tua atau wali mahasiswa baru PSIK pada (15/9).

Para orang tua maba ini diterima secara resmi oleh Wakil Dekan I Dr. dr. Wsinu Barlianto, MSi. Med. SpA (K) dan Sekretaris PSIK  M. Fatoni, MKep, NS.

Dalam sambutannya dr. Wisnu menyampaikan, kami mengucapkan selamat atas diterimanya putra dan putrid bapak/ibu semua di PSIK-FKUB. Tingkat keketatan untuk masuk menjadi mahasiswa di FKUB ini sangat tinggi, katanya.

Pendidikan di PSIK –FKUB pada dasarnya sama dengan ilmu kesehatan lainnya tetapi sangat jauh berbda dengan ilmu sosial dan humaniora. Maka dari itu kami berharap dengan adanya pertemuan ini bapak dan ibu dapat mengetahui sistem pendidikan dan apa yang harus disiapkan dalam mendukung pendidikan keperawatan bagi putra dan putri bapak ibu sampai tahap profesi (ners), jelasnya.

Dukungan orang tua sangat penting sehingga anak didik kami akan fokus dalam mengikuti pendidikan, serta butuh ketekunan dari para mahasiswa sampai tahap profesi kurang lebih dengan masa pendidikan sekitar 5 tahun (8 semester pendidikan akademik dan 2 semester tahap pendidikan profesi).

Akan tetapi bapak dan ibu tidak perlu khawatir karena kami telah mempersiapkan kurikulum dan lahan praktek sehingga nantinya lulusan dari Ilmu Keperawatan FKUB menjadi tenaga siap pakai dan professional dalam pelayanan kesehatan.

Saat ini standarisasi tenaga kesehatan sudah diterapkan sehingga nantinya putra dan putrid bapak ibu semua wajib mengikuti sistem pendidikan dan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) di akhir perjalanan pendidikan S1. Standarisasi melalui UKNI ini telah diatur dan menjadi standart nasional sehingga ners di Indonesia level dan kompetensinya sama, terang dokter spesialis Anak ini.

Sementara itu  SPS PSIK-FKUB M. Fatoni, MKep, NS menjelaskan tentang bagaimana proses pendidikan, ujian dan komepetensi yang diterapkan bagi para mahasiswanya. Ia berharap para orang tua mahasiswa memberikan dukungan sepenuhnya baik itu dukungan moral dan spiritual.

Selanjutnya Ia menambahkan, kami berharap orang tua mahasiswa dapat bekerjasama dalam melakukan pengawasan dan control terhadap putra-putrinya serta berkomunikasi dengan kami di Prodi Ilmu Keperawatan FKUB apabila da hal yang ingin dipertanyakan atau dikonsultasikan, harapnya. (An4nk- Humas FKUB)