Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Oktober 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

bb4

Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Regional Malang sabet penghargaan sebagai penyelenggara terbaik Bulan Bakti  pada Bulan  April tahun ini.

Bulan bakti adalah salah satu program ISMKI yang dimulai sejak  tahun 2014. Program ini bertujuan mengembangkan edukasi kesehatan dan berusaha memperbaiki kesehatan masyarakat untuk mencapai Indonesia lebih baik. Tema yang  diangkat adalah Ophthalmology dimana programnya adalah : Eyeglass recycling & donation: skrining penglihatan, pemberian edukasi, serta donasi kacamata layak pakai, Assisting and give a sight:  pengobatan  penyakit  katarak, Child outreach &screening:  pemeriksaan gangguan mata meliputi miopi, hipermetropi, astigmatik, serta buta warna dan pemberian suplemen mata, School of Ophthalmology: kegiatan edukasi yang  bertujuan menjelaskan pentingnya kesehatan mata.

Bulan Bakti dilaksanakan oleh fakultas kedokteran di seluruh Indonesia yang tergabung dalam ISMKI dengan difasilitasi oleh Pengurus Harian Nasional dan Wilayah Pengembangan Masyarakat ISMKI. Sasaran program adalah seluruh lapisan masyarakat mulai dari balita, usia sekolah, usia produktif, dan lanjut usia. Program ini diadakan pada bulan April sampai dengan September 2015.

Anggota ISMKI wilayah IV yang berkesempatan melaksanakan Bulan Bakti adalah FK UB, FK UMM, dan FK UNISMA. Tema yang dipilih adalah “Assisting and give a sight”. Pelaksanaan bulan bakti ini berkerjasama dengan PERDAMI (Persatuan Dokter Mata Indonesia).

Dalam usaha penanggulangan katarak, PERDAMI juga menyelenggarakan Bakti Sosial berupa operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu. Kegiatan ini dikoordinasi oleh Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) serta LSM lainnya.

Dalam kurun waktu 1987-sekarang telah diselenggarakan bakti sosial operasi katarak di berbagai wilayah Indonesia.

Kerjasama antara PERDAMI & ISMKI wilayah 4 dalam pelaksanaan Bulan Bakti dan Bakti Sosial adalah dengan membentuk volunteer mahasiswa dari 3 institusi (FK UB, FK UMM, FK UNISMA ) untuk mencari target sasaran pasien penderita katarak kemudian dilakukan skrining oleh PERDAMI serta dilakukan operasi gratis. Volunteer tersebut telah dibekali training tentang pelaksanaan skrining penderita katarak sehingga mereka juga dapat melaksanakan pengabdian masyarakat.

Karena kegigihan dan kerja sama FK UB, FK UMM, dan FK UNISMA, Bulan Bakti ISMKI regio Malang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Penyelenggara Bulan Bakti Terbaik se-Indonesia dari bidang Community Empowerment ISMKI. Diharapkan pada tahun-tahun berikutnya penyelenggaraan Bulan Bakti akan semakin berkembang, sehingga gelar Penyelenggara Terbaik yang sudah didapat bisa dipertahankan.  (ISMKI  for Humas FKUB)