Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Agustus 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Agenda Kegiatan

Ratusan mahasiswa antusias untuk menantikan pengumuman Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 yang diselenggarakan di di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis 11 Agustus 2016, tak terkecuali kontingen Universitas Brawijaya. Sebanyak 31 tim PKM UB merasa tegang dan berharap dapat membawa kembali piala Adhikarta Kertawidya yang tahun lalu dipegang oleh Universitas Brawijaya.

PIMNAS ke-29 ini dihadiri 460 tim PKM dari 145 Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta dengan total sebanyak 1947 mahasiswa. Kamis malam (11/08), sekitar pukul 23.00 WIB, pengumuman pemenang diumumkan. Satu persatu pemenang disebutkan nama dan asal perguruan tingginya serta bidang PKM-nya. Pengumuman ini diawali dari kategori poster kemudian kategori presentasi. Setelah mengumumkan pemenang pada setiap bidang, tibalah saatnya untuk penganugrahan  pamungkas tropi bergilir PIMNAS, Adhikarta Kertawidya.

Juri mengumumkan universitas yang masuk kedalam 15 besar berdasarkan peringkatnya. Seluruh peserta dan juga hadirin tidak mampu melepaskan pandangan dari arah panggung. Daftar itu berhenti pada peringkat ke 4 yang ditempati Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Peringkat ketiga muncul kemudian yang ditempati oleh Universitas Airlangga. Selanjutnya muncul di peringkat dua, Universitas Gadjah Mada dari Yogyakarta. Pada akhirnya, Tropi Adhikarta Kertawidya kembali dibawa pulang oleh Universitas Brawijaya Malang untuk kelima kalinya. Semua kontingen UB mengerumuni panggung untuk  merayakan kemenangan. Rasa senang dan bangga dirasakan seluruh kontingen karena berhasil membawa piala Adhikarta Kertawidya kembali ke Malang.

Total perolehan medali yang dibawa pulang Universitas Brawijaya yaitu 10 medali emas, 7 medali perak, dan 6 medali perunggu. Dari total tersebut, 3 medali disumbangkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Medali emas kategori presentasi oleh kelompok Muhammad Nazhif Haykal bersama anggotanya Novi Andriani Siagian, Priscilla Maiselina S, dan Norman Alexander T dengan judul Sintesis Ester Eugenol dan Potensinya sebagai Antikanker Serviks. Medali perak oleh tim ORKESTRA dengan anggota Anjang Feronika P, Reny Rachmatika, dan Nadya Maulidya. Kemudian medali perunggu kategori poster oleh kelompok PSICO-ART yang diketuai oleh Ria Sherliana bersama anggotanya Erna Nur fitria, Edvin Prawira Negara, Dhanang Puruhita T.R, dan Ridlo Ruditya Putra dengan judul PSICO-ART (Post-Ischemic Stroke DevelopmentAcceleration and Regeneration Therapy): Terapi Pengembangan Fungsi Otak Pasca-Stroke Iskemik Berbasis Kedokteran Regeneratif dan Penghambatan Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) Menggunakan Ekstrak Murni Fucoidan dari Sargassum sp. pada Hewan Coba Model Stroke Iskemik. Terimakasih atas perjuangannya kepada tim SOADpatch yang diketuai oleh Mustaqim Prayogi bersama anggotanya Akbar Rozaaq Mugni, Mufidatul Ilmi, dan Hamidah dengan judul Standarisasi Produk Antidiabetes SOADpatch (Saccharum Officinarum For Antidiabetic Drug Patch) dalam Meningkatan Mutu Serta Keamanan Dari Ekstrak Tebu Saccharum Officinarum Rute Transdermal Berbasis Nanoteknologi Fitosom.