Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 11 Maret 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

imstc2016Interstellar : “Improving and Promoting Universal Perspective towards Medical Care” adalah topik yang kami bawa untuk Indonesian Medical Student Training and Comepetition (IMSTC) 2016. IMSTC adalah acara tahunan oleh AMSA Indonesia yang akan diselenggarakan pada universitas yang berbeda setiap tahun, dan tahun ini  IMSTC 2016 telah berhasil diselenggarakan oleh AMSA Brawijaya. Mulai dari Kamis, 25 Februari 2016 ada lebih dari 250 mahasiswa kedokteran yang berasal dari 30 universitas berbeda di seluruh Indonesia tiba di Malang.

Mereka akan tinggal di Malang selama sekitar 4 hari dan 3 malam, di Hotel Kartika Graha. Pada hari pertama, mereka memiliki jadwal untuk welcoming party, dan hari kedua mereka memiliki sesi pelatihan (training) dan festival makanan (food festival), juga seminar nasional, kompetisi, dan acara perpisahan (farewell party) pada hari ketiga, dan juga aksi sosial (social action) pada hari terakhir.

Lebih dari 250 mahasiswa kedokteran datang sebagai delegasi untuk universitas mereka, para delegasi dari IMSTC 2016 dibagi dengan representative, national team AMSA Indonesia, academic finalist, dan general delegates. Tapi tidak ada general delegatesdari AMSA Brawijaya, kami hanya menyediakan 13 tempat. Jadi ada 1 representative, 1 national team, dan 11 academic finalistsebagai delegasi IMSTC dari AMSA Brawijaya. Pada hari pertama, para delegasi mengadakan pesta menyambut di Graha Medika, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijayawelcoming partydimulai pada 7 malam dan acara ini bagus karena panitia telah mengatur acara dengan baik, sayangnya hanya ada 120 delegasi, sementara sekitar 130 lainnya masih dalam perjalanan mereka ke Malang.

Dekan, wakil dekan III, presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, dan juga representative dari AMSA Brawijaya telah memberikan sambutan. Kemudian ada sesi luar biasa untuk Elsevier, yang merupakan sumber jurnal terkemuka dunia dan memberikan solusi informasi dan akses yang meningkatkan kinerja ilmu pengetahuan, kesehatan, dan teknologi profesional.Elsevier juga merupakan sponsor utama untuk IMSTC 2016. Selanjutnya delegasi menikmati makan malam mereka diwelcoming party sebelum mereka kembali ke hotel.

Pada hari kedua, para delegasi melakukan sesi pelatihan di TV UB. Topik pelatihan termasuk makalah ilmiah, poster ilmiah, poster umum, video, dan fotografi yang diberikan oleh pemateri ahli, beberapa dari mereka juga datang dari Elsevier. Setelah pelatihan dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 12 siang, sesuai dengan jadwal kemudian delegasi makan siang, lalu mengikuti Mini Advocacy Session dan AMSA Session sampai jam 4 lewat 40 menit.. Setelah itu para delegasi melakukan technical meeting untuk kompetisi mereka hari berikutnya, dan setelah technical meeting, semua orang pindah ke Graha Medika untuk memiliki festival makanan yang disebut Malang Culinary Night. Ada bakso bakar, bakso kuah, Cwie mie, tahu telor, dawet, ronde, dan sawut sebagai makanan tradisional dari Malang. Dan juga ada hiasan bagus dengan penampilan luar biasa dari anggota baru AMSA Brawijaya. Setelah melewati hari yang luar biasa itu, para delegasi kembali ke hotel dan beristirahat malam.

Kemudian pada hari ketiga (Sabtu, 27 Februari) para delegasi menghadiri Seminar Nasional dengan topik menarik tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN dan peran tenaga kesehatan dengan materi dai Dr. dr. Jack Roebijoso, M.Sc (OM), PKK, Prof. Dr. dr. Kusworini, M.Kes, Sp. PK, and dr. Durrotul Ikrimah. Setelah makan siang, kompetisi dimulai. Para delegasi dimobilisasi ke tempat kompetisi di sekitar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan melakukan presentasi sampai jam 5 sore. Kemudian mereka kembali ke hotel dan mempersiapkan diri untuk pesta perpisahan, ada juga AMSA International Day padafarewell party. Dimana 6 distrik menyiapkan makanan tradisional di stan dan menghiasi stan distrik mereka. Ada juga pertunjukan menakjubkan dari masing-masing distrik AMSA Indonesia, mereka menari, bernyanyi, dan tampil sangat baik. Malam itu adalah malam yang sangat panjang sampai pemenang kompetisi diumumkan. Juga menjadi malam yang tak terlupakan ketika Master of Caremony mengumumkan Brawijaya sebagai juara 1 dari lomba karya ilmiah, juara 1 dan juara 3 lomba posterilmiah, 2 juara lomba poster publik, dan juga juara 3 lomba fotografi.

Pada hari terakhir dari IMSTC 2016, para delegasi memiliki aksi sosial di Rampal Lapangan dengan Yayasan Parahita, yayasan untuk orang dengan penyakit Systemic Lupus Erythematotus(Lupus). Ada juga pemeriksaan kesehatan gratis tentang glukosa darah, kolesterol, tekanan darah, dan uji osteoporosis, di mana orang hanya mendonasikan uang untuk Yayasan Parahita  sebagai pembayaran. Delegasi benar-benar bahagia dan menikmati semua momen, mereka berfoto, tertawa, dan senyum. Setelah itu delegasi harus kembali ke kota mereka sesuai rencana perjalanan mereka, ada juga delegasi yang mengambil city tour di Batu. Akhirnya IMSTC telah berhasil diselenggarakan dari awal kegiatan mulai 25 Februari 2016 sampai 28 Februari 2016, dan sekali lagi selamat untukDelegasi AMSA Brawijaya untuk menjadi juara. (AMSA for Humas FKUB)

Prestasi AMSA Brawijaya di IMSTC 2016 :
juara 1 Scientific Paper
juara 1 lomba Scientific Poster
juara 3 lomba Scientific Poster
juara 2 lomba Public Poster
juara 3 lomba Fotografi