Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 4 Mei 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

hari bumiEksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM-UB) mengadakan kegiatan Penanaman sumur biopori dalam rangka peringatan Hari Bumi, Jum’at (24/04/2015). Acara ini diselenggarakan di Hutan FMIPA-Universitas Brawijaya.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Masyarakat Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya (UB) ini dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. Presiden Eksekutif Mahasiswa (Presma) Universitas Brawijaya, Reza Adi Pratama dan peserta yang terdiri dari perwakilan Kementrian Sosial Mahasiswa  Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Universitas Brawijaya. Penanaman biopori ini bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Peringatan Hari Bumi 2015, Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya dan sambutan oleh Rektor Universitas Brawijaya.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Bumi 2015, M Fadil Wicaksono menyampaikan, tujuan diadakannya penanaman biopori dan mengajak seluruh mahasiswa untuk bersama – sama menjaga bumi kita yang semakin hari kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Sedangkan Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya, Reza Adi Pratama menyampaikan bahwa kegiatan penanaman biopori ini adalah salah satu upaya EM mendukung program Universitas Brawijaya menuju green campus dan selanjutnya penanaman sumur biopori ini akan dilanjutkan di seluruh Fakultas Universitas Brawijaya.

“Saya mengajak rekan-rekan EM untuk menentukan lokasi titik rawan banjir di kawasan Universitas Brawijaya. Kira-kira masih dibutuhkan sekitar 66 titik sumur injeksi. Silahkan teman-teman tentukan lokasinya, nanti kita kawal bersama pembangunannya,” ujar Rektor dalam sambutannya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik ini sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini karena dapat mendukung salah satu program Universitas Brawijaya yaitu green campus. Selain itu rektor Universitas Brawijaya juga menyampaikan langkah – langkah yang telah disusun untuk menjadikan Universitas Brawijaya menjadi green campus. Salah satunya adalah pembuatan sumur injeksi dan pengembangbiakan tanaman buah. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan penanaman sumur biopori secara simbolis oleh Rektor Universitas Brawijaya dan presiden EM sekaligus diresmikannya kegiatan ini.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai sumur biopori oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengenalkan fungsi biopori. Biopori memiliki segudang manfaat, antara lain secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air, meningkatkan kesehatan tanah serta mengurangi rawan banjir di seputar kampus. Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) juga menyampaikan materi mengenai langkah – langkah membuat sumur biopori dan bagaimana merawat sumur biopori. Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) mengajak seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya untuk tidak hanya mampu mengkritisi kinerja pemerintah. Namun juga bersama – sama beraksi nyata untuk bumi kita yang lebih baik.

Acara selanjutnya adalah praktek penanaman sumur biopori. Penanaman sumur biopori ini dilakukan dengan antusias oleh para peserta. Perwakilan BEM FK pun ikut serta membuat sumur biopori ini. Terutama untuk mahasiswa kedokteran pengetahuan tentang biopori ini sangat menarik . Saat dilakukan penanaman sumur biopori, peserta dapat menanyakan seputar sumur biopori kepada mahasiswa Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL). Selanjutnya acara ditutup dengan penutupan oleh Ketua Pelaksana dan Pembawa Acara.

“ Kegiatan penanaman biopori ini sangat bermanfaat untuk bumi kita dan sangat menarik untuk diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sendiri. Memang ini bukan bidang kita, namun sebagai mahasiswa kesehatan kita juga harus peduli terhadap keadaan bumi kita. Selain itu sebagai mahasiswa kita juga harus mampu melakukan aksi nyata dan tidak hanya mengkritisi pemerintah. “ ujar Edwin, Mentri Sosial BEM FK Universitas Brawijaya yang turut menghadiri kegiatan tersebut. Dengan tagline #OneWorldOneAction, di harapkan para mahasiswa bisa berperan aktif dalam menjaga bumi. Selain penanaman biopori, akan ada aksi long march pada Minggu (03/05/2015). Aksi ini akan di mulai dari lapangan Rektorat Universitas Brawijaya dan berakhir  di kawasan Car Free Day Ijen, Malang. (Syifa “BEMFKUB” for Humas FKUB)

hari bumi 1