Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 12 Oktober 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

kunjungan nijmegen univ belanda

Selasa (6/10) bertempat diruang Senat FKUB lantai 6, Tim Task Force untuk Pusat Nyeri & Paliatif Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) berkesempatan menyambut kunjungan ahli Jacob Hoogenhout, MD, PHD dari Nijmegen University (Netherland).

Dalam kunjungannya, Jacob Hoogenhout, MD, PHD dalam kuliah pakarnya dihadapan para mahasiswa Pendidikan Dokter Spesialis mempresentasikan   tentang  “Cancer Care”.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemahaman mengenai sensasi nyeri serta usaha untuk mengontrol atau mereduksi level nyeri yang selalu menjadi salah satu aspek penting dari terapi medis.

Dalam praktek, nyeri adalah masalah medis yang sering ditemui. Bahkan tidak jarang menjadi keluhan utama yang membuat pasien datang menemui dokter.

Berdasarkan dari data yang ada, 9 dari 10 orang di Amerika secara reguler mengalami nyeri. Setiap tahunnya, 25 juta orang di Amerika mengalami nyeri akut karena trauma ataupun pembedahan dan 50 juta orang mengalami nyeri kronik.

Nyeri kronik adalah penyebab tersering dari disabilitas dalam jangka waktu yang lama, dan hampir sepertiga dari orang di Amerika mengalami nyeri kronik yang berat pada masa hidupnya.

Masalah lain adalah kenyataan bahwa sering kali penanganan terhadap nyeri tidak memadai. Penanganan yang tidak adekuat terhadap nyeri dapat menimbulkan kerugian secara fisik, psikologis dan finansial. Pemahaman akan mekanisme nyeri yang baik dapat meningkatkan kualitas penanganan terhadap nyeri. Nyeri sendiri telah lama menjadi subjek yang sulit dimengerti.

Namun pemahaman tentang nyeri saat ini telah mengalami revolusi. Awalnya pengertian nyeri hanya menitik beratkan pada sensasi yang disebabkan oleh adanya cedera atau penyakit. Saat ini telah berkembang dengan penjelasan mengenai proses yang lebih kompleks dan mengikutsertakan dimensi emosi dan kognitif selain sensorik.

Dalam kegiatan ini FKUB berupaya membentuk dan menyusun Tim Task Force untuk Pusat Nyeri & Paliatif di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan berdasarkan pertimbangan tersebut maka Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya mendatangkan  pakar nyeri Jaap Hoogenhout, MD, PHD dari Nijmegen University (Netherland).

Kegiatan ini yang dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab tersebut  bertujuan untuk terlaksananya peningkatan pengetahuan management nyeri Tim Task Force untuk Pusat Nyeri & Paliatif Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan terlaksananya peningkatan pengetahuan manajemen nyeri bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan sasaran Tim Task Force, Staf Pengajar FKUB dan Mahasiswa PS PDS 1 FKUB (an4nk / Humas FKUB)