Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 April 2013 , oleh angga , pada kategori Berita

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menerima Hibah berupa Mobil Unit Katarak dari yayasan Wings Peduli Kasih, PT. Wings Food, Surabaya kepada salah satu alumni Sekolah Tinggi Kedokteran Mata (STKM) yang kini menjadi Fakultas kedokteran UB yaitu dr. Joyce yang diserahkan ke FKUB untuk dipergunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA dalam sambutannya menyampaikan, diharapkan dengan adanya bantuan mobil unit katarak ini FKUB bisa dengan lebih mudah untuk melaksanakan program bidang pengabdian kepada masyarakat terutama masyarakat dipelosok desa yang jauh dari akses ke tempat pengobatan. Tentunya kami akan bekerjasama dengan pihak rumah sakit dan puskesmas setempat. Karena mobil ini dilengkapi dengan system dan perlengkapan yang menunjang operasi mata katarak diharapkan masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk melakukan operasi.

Selain itu dr. Joyce Setyawati menambahkan, bantuan mobil ini diharapkan bisa membantu pemenuhan target pemerintah dalam upaya menanggulangi kerusakan mata yang kini mencapai angka setengah persen dari jumlah total penduduk Indonesia. Bantuan tersebut terealisasi berkat dukungan dengan yayasan Peduli Kasih Wings Surya ini memberikan mobil unit katarak yang sudah mempunyai standar operasi katarak tersebut diharapkan dapat ditunjang dengan peralatan medis dan tenaga dokter yang dimiliki oleh FKUB.

Selanjutnya, Biaya operasi mata katarak saat ini cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 3 Juta untuk operasi manual dan sekitar Rp. 6 Juta  untuk operasi dengan menggunankan laser dengan adanya mobil katarak ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang terkena katarak terutama masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi. (Ang)