Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 7 Mei 2015 , oleh angga , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

Buku merupakan jendela ilmu dan sumber sarana pembelajaran, banyak karya ilmiah yang tidak terkelola dan publikasi dengan baik sehingga kurang bermakna. Hasil-hasil pemikiran pengukuhan professor, disertasi, thesis seakan menjadi barang mati bila tidak dikelola sebagai ide dan pemikiran dalam pembelajaran. Para pakar, professor, doktor dan master telah banyak dihasilkan namun gaung dalam penulisan dan publikasi hasil karyanya kurang bermanfaat, salah satu penyebabnya kurang terkoordiansikan dan difasilitasi dengan baik.

Fakultas Kedoteran Universitas Brawijaya Malang sedang merintis penyelenggaraan program penyusunan buku dalam rangka meningkatkan kemampuan menyusun dan menghasilkan publikasi karya – karya ilmiah dan menghimpun hasil-hasil disertasi, thesis dan skripsi serta hasil-hasil pemikiran para guru besar dan hasil – hasil penelitian dan publikasi internasional. Sebagai sarana pembelajaran dan inventarisasi karya ilmiah para civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Program penulisan buku telah dirintis sejak tahun 2013. Berbagai upaya akan dilakukan melalui identifikasi karya ilmiah, diskusi dan lokakrya, pelatihan penulisan buku. Besar harapan menjadi kenyataan dan ini diperlukan bantuan semua pihak untuk mewujudkan terbitan-terbitan karya ilmiah yang menjadi kebutuhan kita semua.

B.  Tujuan

  1. Secara umum, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas  hasil karya ilmiah berupa pemikiran pengukuhan guru besar, disertasi, tesis, dalam publikasi dalam bentuk buku sebagai sarana dan sumber belajar.
  2. Secara khusus, program ini bertujuan :
  1. Memperkaya referensi bagi mahasiswa, terutama mahasiswa di lingkungan disiplin yang terkait
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam menuliskan ide, karya ilmiah sebagai sumber belajar
  3. Meningkatkan kinerja dosen dalam menuliskan buku ajar, karya imliah dan hasil pemikiran ilmiah yang dapat diakses secara luas
  4. Meningkatkan job performance fakultas dalam publikasi ilmiah.

download leflet

leflet seminar up