Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 27 Januari 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_diseminasi_hasilPenelitian-penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) harus dilakukan secara terus menerus dan terpublikasi karena sementara ini masih dalam fase-fase output saja. Diharapkan kegiatan penelitian yang melibtkan dosen muda dan guru besar tersebut bisa dilanjutkaan oleh generasi penerus yaitu peneliti-peneliti yang sangat concern dengan penelitian. Kutipan dari sambutan Pembantu Dekan II FKUB, Prof. Dr. dr. rajad Indra, MS. dalam membuka “Seminar Diseminasi Hasil Penelitian dengan Sumber Dana DPP-SPP 2010” yang dilaksanakan Unit Pengembangan Penelitian (UPP) pada selasa, (25/1) DI Aula Gedung Biomedik Lantai dua FKUB.

Dr.dr. Hidayat Sujuti, Sp.M. Ph.D (ketua UPP-FKUB) menyatakan, kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan dukungan serta memfasilitasi publikasi hasil penelitiannya ke Internasional untuk dipatenkan serta bisadikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan hasilnya. Beberapaa pokok yang diteliti antara lain: penyakit degenerative, imunologi, stemsel, tumbuh kembang dan infeksi.

Selanjutnya, dari dua puluh tiga judul penelitian yang hari ini dipresentasikan dalam diseminasi tersebut telah memiliki Hak Atas Kekeyaan Intelektual (HAKI) dan dari sembilan belas judul yang merupakan sisa dari pengajuan proposal penelitian tahun 2011, pada tahun 2012 jumlah proposal penelitian meningkat sejumlah 35 judul proposal. Meskipun beberapa hambatan terjadi dalam pelaksanaan penelitian sperti guru-guru besar yang sudah mempunyai HAKI dan produksi hasil, akan tetapi para peneliti muda juga tidak mau kalah dengan mengandalkan eksplorasi dan percobaan-percobaan.

Dalam prosesnya penelitian-penelitian tersebut dibiayai dengan sumber dana DPP-SPP yang besarnya 2 Milyar rupiah, Masing-masing tim  peneliti terdiri dari 3-4 dosen mendapat cairan dana sebesar 50 Juta rupiah dan melalui sistem kontrak kerja dengan Dekan FKUB. Proses seleksi setiap proposal penelitian yang masuk dilaksanakan oleh UPP-FKUB dan proses penelitiannya dibatasi dalam jangka waktu 1 tahun yang dievaluasi setiap enam bulan. Adanya kemudahan dalam mendapatkan biaya dan fasilitas tersebut diharapkan dana tadi dapat meningkatkan motivasi dosen untuk meneliti semua topik penelitian yang fokus terhadap issue kepentingan nasional dengan track record Internasional. (Ang)