Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 25 November 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) berencana meningkatkan kerjasama dengan Erasmus University Medical Center Rotterdam, The Netherland dalam bidang penelitian dan pelatihan Family Medicine untuk mendukung program pemerintah dalam penguatan kapabilitas Primary Health Care.

Hal tersebut diungkapkan Pembantu Dekan I FK dr. Andarini kepada Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, Kamis (20/11). dr. andarini menyampaikan rencana kerjasama ini bersama Guru Besar Medical Microbiology and Infectius Disease dari Erasmus University Medical Center Prof. Henri A Verbrugh., MD., Ph.D., FIDSA yang hadir dalam rangka visiting professor 2014 Program Magister Ilmu Biomedik (PMIB).

“Kerjasama ini sudah dilakukan FK sejak tahun 2007, namun kali ini perlu lebih ditingkatkan lagi dalam bidang penelitian dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat,” ujar dr. Andarini.

Rencana tersebut disambut baik oleh rektor. Rektor mengusulkan untuk membentuk kelompok riset yang bersifat multidisipliner.

Primary Health Care tidak hanya mengenai obat, tetapi juga budaya atau kebiasaan masyarakat mengenai kesadaran akan kesehatan, FK dengan bimbingan Prof. Verbrugh dapat mengkoordinasikan penelitian ini dengan fakultas lain misalnya FMIPA, jurusan Teknik Pengairan, atau Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,” kata rektor.

Turut hadir dalam pertemuan ini Kepala Laboratorium Mikrobiologi UB Prof. Dr. dr. Noorhamdani, AS. DMM. SpMK, Kepala Laboratorium Kepala Instalasi Mikrobiologi RSSA/FKUB Prof. Dr. dr. Sanarto Santoso DTMH. SpMK (K),  Dr. dr. Retty Ratnawati, M.Sc, dan dr. Dewi Santosaningsih, M.Kes.

Rektor berharap kelompok riset gabungan berbagai fakultas ini dapat terorganisasi dengan baik dan bisa memberikan inovasi baru dalam bidang kesehatan. [Irene]