Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 April 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

penerimaan 60 ppds baruSelasa (14/4), Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis (PS PDS) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) – Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang menerima sebanyak mahasiswa baru calon dokter spesialis.

Dalam laporannya, Sekretaris PS PDS – FKUB Dr. dr. Arsana Wiyasa, SpOG (K) menyampaikan, seleksi pada tahun ini diikuti oleh sebanyak 163 peserta, dimana kami melaksanakan tes saringan masuk dalam 3 tahap. Dari 163 calon peserta yang mengikuti tes tahap pertama 114 orang dinyatakan lolos dan maju ketahap selanjutnya dan dari tes tersebut dapat diumumkan peserta yang lolos kualifikasi asejumlah 60 orang.

Selanjutnya ia menambahkan, tes masuk untuk mengikuti pendidikan menjadi seorang calon dokter spesialis ini tidaklah mudah diperlukan usatu kemauan dan niat yang kuat serta dukungan yang lebih dari keluarganya. Saya berharap dari para calon dokter spesialis yang akan tersebar pada 16 prodi spesialis ini dapat menjalankan masa studinya dengan lancar.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Pendidikan RSSA, Dr. dr. Budi Siswanto, SpOG (K) juga berpesan, Saudara bisa menyelesaikan pendidikan dokter spesialis dengan tepat waktu, tentunya harapn tersebut harus disertai dengan usaha yang keras. Pendidikan dokter spesialis itu jauh berbeda dengan pendidikan jaman saudara SMA, tegasnya.

Dikatakan oleh dokter ahli kandungan ini bahwa sebagai bekal nanti saudara menjalankan pendidikan spesialis adalah untuk mendukung kelancaran pendidikan maka saudara harus mentaati segala bentuk peraturan yang berlaku di RSSA sebagai tempat anda menjalankan proses pendidikan ini.

Kedepan saudara akan menjalankan semua prosedur pelayanan kesehatan berdasarkan surat tugas dari Direktur RSSA karena setelah diterima sebagai calon dokter spesialis kami telah menyepakati peraturan dan dasar-dasar dari penyelenggaraan pendidikan spesialis di RSSA.

“1 : 3 itu merupakan sebuah kesempatan yang baik dan jangan disia-siakan”, hal tersebut diungkapkan oleh Dekan FKUB, Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes pada kesempatan tersebut. Menurutnya, prosentase dan daya saing anda sudah baik sehingga anda berhak untuk mengikuti pendidikan spesialis, ungkapnya.

Disamping itu, mantan Pembantu Bidang Akademik ini mengatakan, UB merupakan sebuah kampus yang besar dan mulai dipertimbangkan di kancah Nasional, saat ini UB menduduki posisi ke 3 dalam versi pemeringkatan Webometrics,.  FKUB pun patut berbangga saat ini dikarenakan Ujian Spesialis pada Ujian Board Nasional juga mampu meraih ranking 1, 2, dan 3.

Kami berharap mudah-mudahan saduara bisa mempertahankan prestasi pendidikan spesialis kita, untuk itu kami berharap dukungan sepenuhnya dari para keluarga agar mereka dapat meyelesaikan studinya dengan tepat waktu, harapnya. (An4nk)