Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 Juni 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

“Kebiasaan rutin di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dalam menyambut Bulan ramadhan  ini adalah salah satu kegiatan yang bagus. Sehingga Kesucian lahir dan batin dalam menyambut bulan suci Ramadhan dapat seimbang dalam hubungan kita kepada Allah SWt dan kepada sesama manusia”. Hal ini diungkapkan oleh Ust. Drs. H. Khusnul Fathony Effendi, MAg dalam tausiyahnya pada kegiatan sholat Ashar Berjam’ah Senin (15/6) lalu.

Menurutnya, dalam menjalankan ibadah puasa selama bukan suci ramadhan Allah akan melipatgandakan pahala apabila kita mengerjakan segala bentuk kebajikan. Untuk lebih khsuyuk dalm menjalankannya maka tidak ada salahnya kalau kita memperbaiki kualitas diri dan menjaga kesucian diri dengan memohon ampunan Allah dan saling memaafkan kepada sesama.

Dalam hal bermaaf-maafan kita akan lebih bagus lagi apablia saling berjabat tangan dengan hangat. Perasaan jengkel, tersinggung, rasa benci, dendam, dengki, iri hati terkadang tidak lepas dari kita yang sehari-hari selalu bersama-sama dalam melaksanakan tugas didalam bekerja. Dengan kegiatan silaturahmi seperti ini kita bersama –sama melakukan refresh untuk meningkatkan pemahaman kita dalam hal puasa.

Puasa dibagi menjadi dua, yakni ritual dan spiritual, jelasnya. Puasa ritual sifatnya merupakan ibadah semata dan tidak akan membuat perubahan perilaku bagi yang menjalankannya dan dikerjakan sebagaimana umumnya. Akan tetapi puasa spiritual akan berimbas dalam perubahan sikap, perilaku dan penilaian kita terhadap sesama.

Sebagai orang yang bekerja dikalangan akademisi kita jangan hanya merasa puas dengan melaksanakan puasa dalam bentuk ritual, tapi kita harus lebih mengarahkan puasa kita dalam bentuk spiritual karena ini baik sekali untuk kita dalam mengerjakan sesuatu dan berimbas menekan emosi dan pemikiran karena hal yang dihubungkan dengan puasa spiritual kita adalah hati dan jiwa.

Hadir alam kegiatan ini  Jajaran Pimpinan (Dekan, Para Wakil Dekan), Para Pejabat Struktural (KTU dan Kasubbag), Kajur dan Sekjur, Kalab, Karyawan, Dosen dan Mahasiswa FKUB. (AN4nk/Humas FKUB)