Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 16 Desember 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Nama Besar Universitas Brawijaya (UB) terlebih Fakultas Kedokteran selalu menjadi favorit bagi setiap siswa – siswi Sekolah Menengah Atas yang ingin melanjutkan cita –citanya setelah lulus dari SMA nanti. Bagaimana tidak FKUB merupakan sebuah kampus pencetak tenaga kesehatan yang unggul dan alumninya telah tersebar di seluruh pelosok nusantara.

Hal inilah yang mendasari dari di adakannya kunjungan kampus oleh beberapa sekolah yang melakukan kunjungannya di FKUB pada akhir – akhir ini. Salah satu dari sekian pengunjungnya  adalah SMA Darul Ulum Agung 2 Jombang, dengan melaksanakan kunjungan bertahap selama 2 hari yakni pada hari Senin (15/12)  untuk putra dan Selasa (16/12) untuk putri  kemarin, dalam pelaksanaannya  Dekan FKUB dan Pembantu Dekan III FK berkesempatan secara resmi menerima lebih dari 300 siswa – siswi SMA yang hadir dalam kunjungan tersebut.

Seperti disampaikan oleh Wakasek Bidang Kesiswaan Bapak Nur, Tujuan dari diadakannya kunjungan ini adalah selain untuk membuka wawasan dan mendekatkan diri siswa – siswi kami dengan pendidikan di kampus UB khususnya FK kami juga ingin mengetahui sejauh mana proses penerimaan, persyaratan serta bagaimana keberhasilan para alumninya.

Selain itu, kami sudah beberapa kali melaksanakan pembelajaran diluar kelas bagi siswa siswi kami seperti kunjungan ini di FKUB, kami berharap dengan melihat secara dekat maka anaka – anaka kami akan mempunyai gambaran untuk meraih cita –cita mereka kedepan, terlebih beberapa alumni kami juga ada yang masuk di FKUB. Sehingga dengan adanya wawasan baru mereka akan mulai mempersiapkan diri sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dari pimpinan dan staf di FKUB, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut kedepannya, tutur guru SMA 2 Darul Ulum Jombang ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FKUB  Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA menyampaikan teriam kasih atas kepercayaan dan keinginan SMA DU 2 Jombang ini untuk melihat secara dekat dengan kampus kami, ungkapnya.

Dikatakan Dekan, FK ini telah berusia lebih dari 40 tahun dari sejak didirikannya Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) lalu. Telah banyak jumlah alumni kami yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia dan saat ini FK telah berkembang menjadi fakultas kedokteran yang besar dan mempunyai 26 program studi yang terdiri dari 6 prodi S1`, 4 Prodi S2, 16 Prodi Spesialis dan 1 Prodi S3.

Disamping itu, kami ingin meluruskan bahwa kesan dari pendidikan kedokteran ini mahal. Sebenarnya mahal itu memang identik karena kebutuhan sarana prasarana dan kebutuhan selama menjalani pendidikan kedokteran berbeda dengan bidang ilmu lainnya. Akan tetapi FKUb telah menerapkan Uang Kuliah Tunggal dimana yang kaya membayar lebih dari standart dan yang kurang mampu akan mendapatkan keringanan biaya dari beasiswa.(an4nk)