Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 12 Juli 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

MSCIA atau Medical Students’ Committee for International Affairs adalah salah satu Lembaga Semi Otonom yang dibawahi oleh BEM Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. MSCIA disini terdiri dari 5 Department. Didalamnya terdapat 2 departemen yaitu DOPE (Department Of Proffessional Exchange) dan DORE (Department Of Research Exchange). Sesuai dengan namanya, DOPE dan DORE memfasilitasi semua mahasiswa FKUB untuk melakukan pertukaran pelajar. Kegiatan ini dilakukan selama satu Bulan, Mahasiswa kedokteran yang melaksanakan exchange, diberikan kesempatan untuk melakukan pengamatan (observation) pada masalah-masalah kesehatan di negara tujuan yang dapat menjadi bahan perbandingan dengan keadaan di Indonesia.

Dalam program tersebut, MSCIA Universitas Brawijaya menjalin kerjasama bilateral dengan IFMSA atau International Federation of Medical Students’ Association, melalui CIMSA atau Center for Indonesian Medical Students’ Activities. Selain itu, MSCIA Universitas Brawijaya juga melakukan kerjasama unilateral dengan Students Government pada beberapa Fakultas Kedokteran luar negeri diluar IFMSA.

Tahun ini, MSCIA mendapatkan cukup banyak Incoming Students.Pada bulan Maret lalu, terdapat 6 Mahasiswa asing yang berasal dari Jermandan Italy. Kemudian, pada bulan Juli terdapat 19 Mahasiswa yang berasal dari Spanyol,Portugal, Finlandia, Swedia, Ceko Republic, Lithuania, Paris,Korea, America, dan Slovakia. Sedangkan pada bulan Agustus ini terdapat 14 mahasiswa yang berasal dari Jerman, Italy, Spanyol, Hungaria, Belgia , Austria, Polandia, Ceko Republic, dan Slovenia.Masing-masing dari mereka melakukan pengamatan (observasi) dan belajar mengenai masalah kesehatan pokok yang sedang dihadapi di dunia kesehatan di Indonesia selama satu bulan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar Malang. Mereka diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang ada di Rumah Sakit. Salah satunya adalah memakai pakaian SPMK atau Standart Pakaian Mahasiswa Kedokteran dan 5S, NoS (Senyum, Salam, Sapa,  Sopan, Santun, dan No Smoking).

Selain mempelajari Health Care System di Indonesia, mahasiswa yang melakukan exchange disini juga belajar banyak mengenai Cultural Differences baik dalam segi makanan, budaya, dan seni yang saling ditunjukkan oleh masing-masing negara termasuk Indonesia di malam acara Cultural Day. Para Incoming Students juga diberikan fasilitas berupa Social Program yang dilakukan ke tempat-tempat di daerah kota Malang, seperti Gunung Bromo, Pantai Selatan, dll. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan keindahan alam yang ada di Indonesia. (Kemahasiswaan / Humas FKUB)