Customer Satisfaction Survey

  • Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) / Evaluasi kepuasan pengguna jasa UB merupakan bentuk pengukuran tingkat keberhasilan pelayanan publik kepada mahasiswa, stakeholder dan masyarakat umum pengguna jasa layanan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Melalui pelaksanaan SKM inni diharapkan dapat diperoleh gambaran nilai dan kualitas layanan FKUB terhadap pengguna jasa dalam satu tahun terakhir. SKM FKUB diselenggarakan secara terintegrasi dengan SKM UB yang dikelola oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Pelaksanaan survey dilakukan dengan penyebaran kuesioner baik secara online menggunakan google form melalui media sosial (Facebook, Instagram, WA) maupun melalui pemberitahuan surat resmi dengan harapan lebih mudah dicapai oleh responden di tengah pandemi COVID-19.
  • Jumlah responden SKM pada tahun 2020 adalah sebanyak 233 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar FKUB. Sebaran responden berdasarkan jenis responden dapat dilihat pada gamabr berikut.

proporsi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

  • Nilai indeks kepuasan masyarakat FKUB pada tahun 2020 adalah 76,20 dengan mutu layanan C. Berikut adalah hasil SKM FKUB untuk tiap poin penilaian.

Hasil SKM FKUB Berdasarkan Responden

Penilaian kepuasan layanan oleh mahasiswa

Mahasiswa merupakan core business bagi perguruan tinggi. Pelayanan kepada mahasiswa tidak hanya berupa layanan akademik namun juga layanan non akademik. Hal tersebut ditujukan untuk membentuk karakter lulusan yang matang dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Kami melakukan survey kepada seluruh mahasiswa S1, S2, S3, profesi, dan Spesialis dan didapatkan karakteristik responden sebagai berikut:

karakteristik responden

Layanan jasa kemahasiswaan yang dievaluasi terdiri dari

  1. Layanan pengembangan penalaran,
  2. Layanan pengembangan minat dan bakat,
  3. Layanan pengembangan softskill,
  4. Layanan beasiswa,
  5. Layanan bimbingan konseling (BK),
  6. Layanan etik,
  7. Layanan kesehatan,
  8. Layanan kewirausahaan, dan
  9. Layanan karir.

layanan kemahasiswaan

Penilaian terhadap kepuasan layanan kemahasiswaan di FKUB secara umum sudah baik (B), namun peningkatan kapasitas di semua bidang layanan masih tetap diperlukan. Data survey yang terkumpul tersebut diatas telah dianalisis dan dibahas bersama dengan mahasiswa (perwakilan Lembaga kemahasiswaan), sub coordinator kemahasiswaan, pimpinan program studi, dan pimpinan fakultas melalui pertemuan yang diselenggarakan beberapa kali melalui media on-line maupun off line dengan menghasilkan beberapa rekomendasi sebagai berikut:

  • Peningkatan anggaran kemahasiswaan utamanya untuk kegiatan pengembangan penalaran dan kewirausahaan
  • Peningkatan pembinaan minat bakat melalui kegiatan rutin dan bimbingan oleh professional
  • Peningkatan kuantitas beasiswa
  • Penyebarluasan informasi beasiswa, peluang karir melalui media elektronik.
  • Optimalisasi fungsi dosen pembina Lembaga kemahasiswaan untuk mempercepat keluhan selama pelakasanaan kegiatan.

Laporan Survei Kepuasan Layanan Kemahasiswaan