Faculty of Medicine

Universitas Brawijaya
Written on 2 November 2018 , by angga

struktur organisasi FKUB

Deskripsi Tugas:

1. Dekan

Dekan adalah unsur pimpinan di Fakultas yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor, yang mempunyai tugas memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pembinaan sivitas akademika dan pelaksanaan urusan tata usaha Fakultas. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut,

Dekan mempunyai fungsi:

  1. Menyusun dan melaksanakan Rencana Strategis yang hendak dicapai dalam masa jabatannya;
  2. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Fakultas;
  3. Melaksanakan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya;
  4. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pendidikan;
  5. Mengkoordinasikan dan memantau penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
  6. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  7. Melaksanakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
  8. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama dengan pihak lain;
  9. Melaksanakan perencanaan sistem informasi dan administrasi kerjasama untuk pangkalan data fakultas;
  10. Mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku setelah mendapatkan pertimbangan Senat Fakultas;
  11. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika;
  12. Melaksanakan urusan tata usaha;
  13. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Rektor setelah mendapat penilaian Senat Fakultas.
  14. Menyampaikan kebijakan anggaran, laporan tahunan dan laporan akhir jabatan kepada Senat Fakultas.

2. Wakil Dekan

2.1. Wakil Dekan I (Bidang Akademik)

Wakil Dekan I adalah unsur pimpinan fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Apabila dekan berhalangan, Wakil Dekan I bertindak mewakili Dekan sebagai pelaksana harian.

Wakil Dekan I mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Membina Dosen di bidang akademik;
  3. Menelaah pembukaan program studi baru di berbagai strata pendidikan;
  4. Melakukan inventarisasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  5. Melakukan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran setiap semester;
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru;
  7. Melakukan pengendalian standarisasi baku mutu pendidikan akademik dan profesi;
  8. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi akademik;
  9. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Akademik;
  10. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan

2.2. Wakil Dekan II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan)

Wakil Dekan II adalah unsur pimpinan Fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum, keuangan dan personalia.

Wakil Dekan II mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja Fakultas;
  2. Melakukan pembinaan karier dan kesejahteraan Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi;
  3. Mengurus ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketertiban dan keamanan Fakultas;
  4. Menyelenggarakan hubungan masyarakat;
  5. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi umum;
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi
  7. Melakukan koordinasi penyusunan Daftar Usulan Kegiatan, Daftar Isian Proyek, dan Daftar Isian Kegiatan setiap unit kerja;
  8. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum;
  9. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.

2.3. Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni)

Wakil Dekan III adalah unsur pimpinan Fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan yang bersifat kokurikuler dan ekstra kurikuler serta pembinaan hubungan dengan alumni.

Wakil Dekan III mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan;
  2. Melakukan pembinaan kesejahteraan mahasiswa;
  3. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa;
  4. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Universitas Brawijaya;
  5. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan;
  6. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.

1. Tata Usaha 

Tata Usaha Fakultas mempunyai tugas:

  1. Membuat rencana kerja bagian dan fakultas dengan persetujuan atasan langsung;
  2. Mempelajari dan menginformasikan peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, akademik dan kemahasiswaan;
  3. Mengelola data ketatausahaan, akademik dan kemahasiswaan;
  4. Merencanakan pengelolaan urusan persuratan dan kearsipan fakultas;
  5. Membuat rencana urusan kerumahtanggaan;
  6. Melaksanakan/mengatur waktu/tempat rapat pimpinan dan upacara resmi di lingkungan fakultas;
  7. Membuat rencana urusan barang perlengkapan;
  8. Melaksanakan kegiatan pengelolaan kepegawaian;
  9. Merencanakan urusan pengelolaan keuangan;
  10. Membuat rencana pelaksanaan Administrasi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;
  11. Membuat perencanaan pelaksanaan Administrasi Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni;
  12. Pengesahan berkas kenaikan pangkat Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan administrasi di lingkungan fakultas;
  14. Melaksanakan koordinasi penerimaan aset hibah kepada fungsi logistik;
  15. Melaksanakan pengkoordinasian pada seluruh prosedur ganti uang unit kerja, tambah uang unit kerja, uang muka, biaya langsung non-pegawai dan pegawai serta layanan pertanggung jawaban belanja Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP);
  16. Menyusun dan membuat laporan pertanggungjawaban kepada Dekan.

2. Subbagian Akademik

Subbagian Akademik Mempunyai Tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja;
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang akademik dan membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan;
  3. Mengumpulkan dokumen-dokumen, mengolah dan menganalisa data di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahanbahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa;
  4. Mengoordinasi pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik mahasiswa;
  5. Mengoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Kutipan Daftar Nilai, dan Transkrip Akademik Mahasiswa;
  6. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan, praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Jurusan/Program Studi;
  7. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik;
  8. Melakukan administrasi perkuliahan, praktikum, pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan, sarana akademik dan menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian;
  9. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum;
  10. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah dan kuliah tamu di lingkungan fakultas;
  11. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan fakultas;
  12. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar Tenaga Pendidik setiap akhir semester;
  13. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang akademik;
  14. Mengoordinasikan pembuatan ijazah dan/atau transkrip dan mengadministrasikan kegiatan untuk wisuda;
  15. Mengoordinasikan tugas di bidang administrasi perencanaan, sistem informasi dan kerjasama Fakultas; dan
  16. Menyusun dan memberikan laporan Subbagian Akademik kepada Kepala Tata Usaha.

3. Subbagian Umum Dan Barang Milik Negara

Subbagian Umum dan Barang Milik Negara mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja;
  2. Melaksanakan pengelolaan surat menyurat;
  3. Memantau pengarsipan dan pendokumentasian berkas;
  4. Menyusun statistik surat masuk dan keluar;
  5. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung;
  6. Mengontrol surat menyurat pengetikan dan pengiriman sesuai tujuan;
  7. Menghimpun dan menyebarluaskan peraturan terkait dengan Fakultas;
  8. Mengoordinasikan pemeliharaan kebersihan, keindahan dan keamanan kantor, lingkungan kantor, halaman gedung fasilitas umum dan pertamanan;
  9. Melakukan pengaturan pemanfaatan kendaraan dinas Fakultas;
  10. Melakukan urusan administrasi hubungan masyarakat dan kerjasama;
  11. Melakukan penerimaan tamu pimpinan, akomodasi dan transportasi;
  12. Mengurus penyelenggaraan rapat dinas, upacara resmi dan pertemuan resmi lainnya;
  13. Menyusun rencana pengadaan perlengkapan untuk keperluan dinas;
  14. Melakukan penyimpanan dan pendistribusian barang ke unit kerja terkait;
  15. Melakukan inventarisasi dan mengusulkan penghapusan barang perlengkapan tidak laik;
  16. Menyimpan dan memelihara salinan warkat yang berhubungan dengan Fakultas; dan
  17. Menyusun dan memberikan laporan Subbagian Umum dan Barang Milik Negara kepada Kepala Tata Usaha.

4. Subbagian Kepegawaian Dan Keuangan

Subbagian Keuangan dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja;
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan kepegawaian;
  3. Mengumpulkan dokumen-dokumen, mengolah dan menganalisa data dibidang keuangan dan kepegawaian;
  4. Melakukan pengolahan keuangan, mulai dari penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan;
  5. Melakukan pembayaran gaji, tunjangan, honorarium, uang lembur, uang lelah, vakasi, perjalanan dinas, pekerjaan borongan, pembelian/pengadaan barang/jasa;
  6. Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan anggaran;
  7. Memverifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya;
  8. Mempersiapkan usul formasi pegawai;
  9. Mempersiapkan usul mutasi pegawai, pengembangan dan kesejahteraan pegawai;
  10. Membantu pengurusan kenaikan pangkat Tenaga Tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  11. Mempersiapkan usul pengangkatan Tenaga pendidik luar biasa;
  12. Melakukan urusan cuti pegawai;
  13. Melakukan penyusunan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3), Daftar Urut Kepangkatan (DUK), Kartu Pegawai (Karpeg), Kartu Induk (Karin), Kartu Isteri (Karis), Kartu Suami (Karsu), Asuransi Kesehatan (Askes)/Tabugab, Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), Surat Keterangan untuk mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga (KP-4/Model-C), dan Lembar Pembayaran Pajak (LP2P);
  14. Berkoordinasi dengan atasan langsung dan Wakil Dekan II dalam melakukan penyelesaian kasus pegawai;
  15. Mempersiapkan usul pemberian penghargaan pegawai;
  16. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat dibidang keuangan dan kepegawaian;
  17. Melakukan tugas di bidang administrasi perencanaan, sistem informasi dan kerjasama fakultas; dan
  18. Menyusun dan memberikan laporan Subbagian Kepegawaian dan Keuangan kepada Kepala Tata Usaha.

5. Subbagian Kemahasiswaan Dan Alumni

Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja;
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang kemahasiswaan;
  3. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data kemahasiswaan dan alumni;
  4. Membantu pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler, sesuai arahan wakil dekan iii;
  5. Membantu pembinaan kesejahteraan mahasiswa :
  6. Melakukan penyajian informasi di bidang kemahasiswaan;
  7. Melakukan penyajian informasi di bidang alumni;
  8. Mengelola informasi kerja;
  9. Bertanggung jawab atas pengawasan dan pembinaan pegawai di subbagian kemahasiwaan dan alumni;
  10. Mengevaluasi program kerja subbagian; dan
  11. Menyusun dan memberikan laporan subbagian kemahasiswaan dan alumni kepada kepala tata usaha.