Faculty of Medicine

Universitas Brawijaya
Written on 10 February 2021

Dies natalis merupakan agenda tahunan yang memperingati hari jadi FKUB. Pada tahun 2020 ini maka FKUB telah menginjak pada usinya yang ke 46. Dengan kondisi yang ada sekarang ini, tampak bahwa FKUB semakin berkembang dan bersinar dari tahun ke tahun,mampu berkiprah dan berkontribusi tidak hanya nasional, tetapi juga dalam even even internasional. Dengan bertambahnya usia, FKUB senantiasa berbenah dan berupaya untuk berkarya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi-nya. Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat selalu diupayakan untuk dilaksanakan selaras dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

Dengan mengusung tema DIGDAYA, yang merupakan kombinasi MANDIRI, PENGABDIAN dan DAYA SAING, selalin berari digdaya adalah tidak terkalahkan, namun juga menunjukkan bahwa FKUB adalah kekuatan yang besar, FKUB adalah institusi yang unggul, berkelas dan mampu berdaya saing. Dengan kemamouan dan kekuatan yang besar tersebut akan memberikan dampak signifikan untuk masyarakat melaluo 3 konsep yang diunggulkan yakni mampi mandiri, senantiasa memilki jiwa pengabdian dan senantiasa memiliki optimism dalam bersaing untuk arah yang lebih baik dan lebih maju, tidak hanya untuk kepentingan FKUB khususnya namun juga untk kemanfaatan dan kemaslahatan masyarakat banyak pada umumnya. Demikian juga alumni FKUB, bersatu padu untuk mampu mencapai kedigdayaannya. Melalui Dies FKUB ke-46 ini, alumni bersama dengan FKUB melaksanakan bakti sosial untuk masyarakat UB dan masyarakat luas.

Bakti sosial kesehatan ini diadakan dengan memberikan pelayanan donor darah, pap smear serta konsultasi dan pengobatan gratis. Dengan tujuan berbagi dan bersilaturahim yang menguntungkan bagi sesama dengan memberikan bantuan pengetahuan dan layanan kesehatan yang paripurna, tidak hanya berupa pengobatan namun juga menyebarluaskan informasi dan pengobatan bagi sesama

Pelaksanaan layanan kesehatan oleh program studi diadakan di Fakultas Kedokteran Gedung GPB lt 1 dan 6. Adapun jenis kegiatan yang diadakan disediakan oleh program studi bekerjasaama dengan alumni. Terdapat 13 program studi yang terlibat dalam penyediaan layanan. Layanan ini diawali dengan penapisan peserta/pasien yang hadir di lobby lantai 1 melalui pemeriksaan General Check UP (GCU) untuk menentukan layanan apa yang sesuai untuk pasien tersebut. Selanjutnya pasien naik ke GPB lantai 6 untuk menjalani pemeriksaan layanan spesialis berupa layanan kesehatan paru, jantung, THT, Urologi, kesehatan mata, kesehatan kulit, kandungan dan kebidanan, kedokteran penyakit dalam, kedokteran fisik-rehabilitasi, kesehatan bedah, layanan farmasi, layanan kesehatan tulang, senam ibu hamil dan layanan pap smear.

Alumni sinergi bersama FKUB demi mewujudkan cita cita FKUB yang DIGDAYA, mandiri, Pengabdian dan Berdaya saing serta mampu menunjukkan bahwa FKUB akan semakin maju dengan prinsip dari lita untuk kita dan oleh kita pada khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

keg alumni 6