Faculty of Medicine

Universitas Brawijaya
Written on 18 February 2021 , by Editor FKUB , in category News

 

Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan penyediaan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas akademik yang berkualitas di bidang ilmu kedokteran,  serta mampu mengembangkan ilmu kedokteran melalui penelitian secara mandiri, inter, multi dan trans-disipliner dan dalam rangka menuju persiapan proses akreditasi internasional ASIIN,  Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PSDIK – FKUB) pada Senin, (15/2/21) melaksanakan kegiatan “ Lokakarya Pengembangan Kurikulum berdasarkan Outcome-Based Education: Menuju Akreditasi Internasional ASIIN Tahun 2021 secara daring dan luring.

Ketua Pelaksana Lokakarya Dr. dr. Seskoati Prayitnaningsih, Sp.M (K) dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 80 peserta yang terdiri dari 2 pemateri, 1 moderator dan para peserta. Dan nantinya akan membahas kurikulum yang akan dibagi beberapa kelompok diskusi  (breakroom / zoom) .

Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan, pemateri dan para peserta yang sudah berkenan hadir serta panitia yang bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini dalam waktu 2 minggu, saya berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan menjadi ladang amal dan ibadah kita untuk bersama memajukan prodi ini.

Pada kesempatan yang sama Ketua LP3M UB, Prof. Dr.-Ing. Setyawan Purnomo Sakti, M.Eng. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kami dari LP3M dan Universitas mengucapkan terima kasih di FKUB sangat bersemangat untuk mengikuti proses Akreditasi Internaisonal dalma hal Ini ASIIN .dari kementerian mencapai  Target 8 IKU,

UB saat masih 1 akreditasi internasional   yakni prodi Teknik elektro (FT), mudah-mudahan tahun ini bertambah banyak.  Pada tahun ini yang sudah submission ada  9 prodi, 2 prodi  tidak melalui ASIIN, yang sudah meenyipakan dari tahun kemarin dari FMIPA ada 5 Prodi dari FTP 3 Prodi , Fapet 1 Prodi,  sehinggatotalnya 9 yang akan dibagi menjadi 3 kluster, terangnya.

Ditambahkan oleh Guru Besar FMIPA ini,  Akreditasi internasional merupakan suatu penjaminan mutu  eksternal,  “roh” dari akreditasi internasional yakni  eskternal quality assurance dimana akan dilihat  quality assurance di Prodi bapak -ibu berjalan seperti apa, karena itu pengembangan dan proses peembelajarannya seperti  apa. Dan semoga FKUB segera mempersiapkan akreditasi Internasional ASIIN.

Dekan FKUB Dr. dr. Wisnu Barianto, MSi., Med., SpA (K) dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUB yang telah menginisiasi kegiatan ini dan ini sangat relevandengan apa yang akan koita encanakan untuk menuju akreditasi internasional jadi walaupun kita tidak melakukan akreditasi tapi lokakarya ini perlu rutin dilakukan untuk evaluasi dan juga memperbaiki kurikulum yang akan kita pakai  khususnya di prodi S3.

Saya berharap dalm kegiatan pagi ini akakn dirumuskan kurikulum yang memang mempunyai  nilai tambah dan nilai lebih   dan kekhususan , sehingga nantinya  akan ada kekhususan  dan keunggulan yanhg kita moikii di prodi S3 kita. Kemudian yang kedua semoga dengan adanya pertemuan ini nantinya bisa merumuskan rancangan kurikulum yang diminta sebagi syarat  akreditasi intenasional, harapnya.

Dalam kegiatan ini juga turut disampaikan beberapa materi  tentang Teknologi kedokteran: tantangan di tengah pandemic oleh  Dr. Hasballah Zakaria, ST., M.Sc. Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Prospek bidang reproduksi manusia sebagai konsentrasi/minat dalam program doctor oleh  Dr. Dra. Silvia Werdhy Lestari, M.Biomed dari Universitas Indonesia (UI) dan dilanjutkan dengan diskusi dan pleno (an4nk- HumasFKUB)