Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 Juni 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

disertasi titinDr. Titin Andri Wihastuti, S.Kp., M.Kes lahir di Purworejo, 26 Februari 1977. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana keperawatan di Universitas Padjajaran Bandung, sedangkan untuk magister dan doktor, Ia selesaikan di UB. Saat ini Ia menjabat sebagai staf pengajar jurusan Ilmu Keperawatan FK UB.

Titin (sapaan akrabnya) berhasil mendapatkan gelar Doktor dengan meraih IPK 3,96 Cumlaude dengan lama studi 3 tahun 9 bulan, setelah ia melaksanakan ujian terbuka dihadapan promoter dan penguji dengan mengangkat tentangĀ  Atherosklerosis merupakan gangguan pada dinding pembuluh darah yang ditandai adanya sumbatan (atheroma), sehingga aliran darah menjadi terganggu. Selama beberapa dekade ini, kematian akibat penyakit jantung koroner atherosklerosis baik di negara industri maupun negara berkembang meningkat secara tajam. Diperkirakan 1,9 milyar manusia atau 1/3 penduduk dunia terkena penyakit ini.

Pada atherosklerosis terjadi angiogenesis vasa vasorum yang ekstensif, fragile, immature, dan berhubungan dengan pertumbuhan dan instabilitas plak atherosklerosis. Inflamasi pada atherosklerosis terjadi karena Nuclear Factor Kappa Beta (NFkB) mengalami aktivasi. Ekstrak kulit manggis (Garcinea Mangostana Linn) merupakan salah satu agen antioksidan yang mempunyai potensi untuk dikembangkan karena kandungan bioaktifnya mempunyai efek antiinflamasi dan antioksidan.

Hal tersebut menjadi latar belakang disertasi Titin Andri Wihastuti, S.Kp., M.Kes yang berjudul “Penurunan Angiogenesis Vasa Vasorum Melalui Hambatan H2O2, HIF-1a, NFkB dan iNOS oleh Ekstrak Etanolik Kulit Manggis (Garcinea Mangostana Linn) pada Rattus Novergicus Strain Wistar dengan Pemberian High Fat Diet”. Ujian terbuka disertasi ini digelar Selasa (3/6), di Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) lantai enam.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemberian High Fat Diet berpengaruh terhadap terjadinya angiogenesis vasa vasorum melalui peningkatan kadar H2O2, HIF-1a, NFkB dan iNOS pada hewan model Rattus Novergicus Strain Wistar. Ekstrak etanolik kulit manggis berpengaruh terhadap penurunan angiogenesis vasa vasorum melalui hambatan H2O2, HIF-1a, NFkB dan iNOS pada hewan model atherosklerosis Rattus Novergicus Strain Wistar dengan Pemberian High Fat Diet. [Irene/an4nk]