Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 November 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dosen pada Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS) Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) yakni dr. Hani Susianti, SpPK mampu meraih gelar Doktor dengan nilai “A” Cumlaude dengan IPK sempurna  yakni 4, 00 dan ditempuh hanya dalam waktu 2 tahun 10 bulan.

Pemberian gelar dan nilai yang sempurna ini diberikan kepada Hani Susanti karena dinilai mampu mempertanggungjawabkan dan mempertahankan hasil penelitiannya  di seminar hasil diseminasi atau promosi doktor pada, Kamis (6/11).

Artikel Ilmiah Populer yang dikerjakan dalam menyelesaikan tugas akhirnya berjudul “Fibrosis Ginjal Nefritis Lupus Dipengaruhi Polimorfisme Gen T869C, Perubahan Peptida Sinyal Dan Ekspresi Protein Dari Transforming Growth Factor-B1″ Kajian Tentang Manfaat Kadar Transforming Growth Factor-ß1dan a-Smooth Muscle Urine Sebagai Petanda Biologi Fibrosis Ginjal Nefritis Lupus.

Penelitian ini menjelaskan bahwa penyakit ginjal nampak sebagai cluster in family, sehingga diduga terdapat peran fakto genetik. Penelitian pengaruh perbedaan etnis terhadap prevalensi penyakit ginjal dan resiko progresi menjadi ESRD menunjukkan bahwa insiden ESRD sekitar tiga kali lebihbesar pada etnsi negroid dibanding etnis kaukasian.

Penyakit ginjal sering berkembang menjadi ESRD tanpa memperhatikan penyebab awal dari suatu cidera dan gambaran utama dari ESRD adalah fibrosis ginjal. TGF ß1 merupakan mediator mayor dari glomerusklerosis dan menginduksi fibrosis selama proses perbaikan jaringan serta berkontribusi pada patogensis bermacam-macam penyakit glomerulus.

Hasil penelitian menunjukkan rerata kadar TGF ß1yang tertinggi didapatkan pada alel C dan genotip CC pada kelompok kasus.

Dalam promosi Dokter tersebut, Dekan FK UB Dr. dr. Karyono Mintaroem membacakan Surat Keputusan Kelulusan. Berdasarkan surat keputusan menyatakan bahwa Dr. dr. Hani Susanti berdasarkan yudisium 6 November 2014 lulus dan berhak menyandang gelar doktor dengan nilai disertasi “A” dan IPK 4.00 Dr. dr. Hani Susanti lulus dengan predikat cumlaude. [Oky/an4nk]