Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Oktober 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) mempresentasikan karya ilmiahnya pada forum 8th AOCNR (Asian Oceanian Congress of Neuroradiology). Dalam kesempatan tersebut, ia mempresentasikan makalahnya berjudul “Radiology Picture of Plasmacytoma”. Kegiatan yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand selama tiga hari (1-3/8) ini merupakan forum rutin tiap dua tahun yang diadakan oleh AOSNHNR (Asian Oceanian Society of Neuroradiology and Head & Neck Radiology). Anggota AOSNHNR meliputi radiolog, neurolog, neuroradiolog dan neurointervension di kawasan Asia-Oceania.

Forum 8th AOCNR kali ini diikuti peserta dari 20 negara yakni Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Saudi Arabia, Singapura, Srilanka, Syria, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan delegasi dari Indonesia berasal dari Jakarta, Surabaya, Makassar dan Malang. Yuyun merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia yang berkesempatan mempresentasikan karya ilmiahnya dalam acara ini.

Seperti diberitakan di website panitia penyelenggara, www.aocnr2011.com, melalui kegiatan ini, panitia  menyiapkan program ilmiah dengan spectrum luas yang berkaitan dengan masalah spesifik dan perkembangan terkini Neuroradiologi serta Head & Neck Radiology. Forum AOCNR berupaya memfasilitasi kemajuan pengetahuan dan teknik dibidang Neuroradiology serta Head & Neck Radiology.

Ketua Panitia 8th AOCNR, Prof. Nitaya Suwanwela dalam sambutannya menyampaikan, “seperti yang telah disadari, sangat cepatnya kemajuan bidang Neuroradiology serta Head & Neck Radiology, sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk bertukar keahlian dan menyebarluaskan prestasi dalam pengetahuan dan teknologi di kalangan rekan-rekan kami di wilayah Asia-Oceania.

Program AOCNR difokuskan pada kuliah pakar, simposium dan sesi interaktif oleh para ahli di bidang neuroradiology termasuk neuroradiology interventional serta Head & Neck Radiology. Selain itu, akan ada panel diskusi yang luas dan menarik, diskusi dan seminar kemajuan terkini serta penghargaan yang diberikan kepada peserta untuk mendorong penelitian ilmiah yang berkelanjutan.

AOSNHNR didirikan pada 1994 dengan Prof. Mutsumasa Takahashi sebagai Presiden pertamanya. Kongres pertama AOCNHNR (Asian-Oceanian Congress Neuroradiology – Head & Neck Radiology) diadakan di Kumamoto, Jepang. Organisasi ini kemudian mulai berkembang dengan tambahan anggota baru dari berbagai negara di wilayahAsia-Oceania. Mulai tahun 2007, nama kongres kemudian disingkat menjadi AOCNR saat kongres ke-7 di Bali, Indonesia.

Kongres ini diselenggarakan setiap 3-4 tahun diawalnya dan sekarang setiap 2 tahun di negara-negara Asia dan Oceania dengan tujuan diantaranya mempromosikan Neuroradiology serta Head & Neck Radiology di wilayah tersebut. Kongres AOCNR ke-7 dilaksanakan dengan sukses dua tahun lalu di Bali, Indonesia. Kongres ke-8 ini rencananya diadakan pada 26-28 Oktober 2011 namun karena banjir besar di Bangkok maka ditunda hingga 1-3 Agustus 2012 di tempat yang sama yakni Hotel Shangri-la Bangkok. Berbagai program ilmiah dan sosial tetap sama sesuai rencana semula.

Dalam 8th AOCNR ini, Yuyun berhasil meraih nomination for 6th best poster presentation. Karya ilmiahnya juga berhasil dipublikasikan pada Asean Journal of Radiology Volume XVII number 1, Januari-April 2012. [ang/nok]