Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 Oktober 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Laboratorium /SMF Ilmu Penyakit Dalam melalui Pusat Studi Autoimun, Reumatik dan Alergi (AURA) Divisi Reumato – Imunologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) – RS Dr. Saiful Anwar (RSSA) yang bekerjasama dengan Perhimpunan Masyarakat Peduli Penyakit Lupus (Parahita) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat   yang bertema “peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang penyakit lupus pada siswa SMP dan SMA/sederajat di Kota Malang pada Sabtu (11/10) di SMK Negeri 04 Kota Malang.

Dengan mengambil tema “ Jiwa Muda Sadar Lupus” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya, organisasi masyarakat peduli Lupus Malang yakni Perhimpunan Masyarakat Peduli Lupus Malang (Parahita) yang keenam.  Kali ini Parahita melaksanakan peringatan HUTnya dengan beberapa kegiatan sosial antara lain dengan libatkan dan pendekatan kepada para siswa-siswi SMP dan SMA/SMK sederajat di Kota Malang.

dr. Ahmad Rifa’I selaku ketua pelaksana dalam sambutannya melaporkan, kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 1,5 bulan yang lalu yakni pada (25/9 – 4/10). Dalam kegiatan yang baru pertama kali kami laksanakan dengan melibatkan beberapa SMP dan SMA se kota malang ini  jumlah total peserta sebanyak 109 peserta dari 40 sekolah partisipan. Selain kami bertujuan untuk lebih memberikan pengetahuan deteksi dan bahaya Lupus sejak dini, kami juga membuat beberapa lomba yang sangat menarik tentunya semuanya terkait dan bertemakan dengan penyakit Lupus dan dengan antusias yang luar biasa. Beberapa jenis lomba yang kami selenggarakan tersebut antara lain : Lomba Cerpen (40 peserta), Lomba Puisi (34 peserta), Lomba Cipta Lagu (8 Peserta) dan Stand Up Commedy (30 peserta).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mereka mampu dan memiliki pemahanan serta peka terhadap lingkungan sekitar apabila dilingkungannya terdapat penderita Lupus yang belum terdeteksi, disisi lain mereka mampu mengasah bakat adik-adik SMP dan SMA ini dan beberapa lomba yang sudah kami laksanakan, ungkapnya.

Disamping itu, Rifa’I juga berharap orientasi kedepan tentang pengenalan penyakit Lupus ini dapat berlanjut dengan menjalin kerjasama dari Diknas maupun Dinkes setempat agar masa-masa produktif seperti adik-adik SMP – SMA ini bisa terus meningkat dan apabila ditemukan penderita Lupus dapat segera kita tangani.

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Handono Kalim, Sp. PD-KR selaku penasihat Parahita Malang menyampaikan bahwa Lupus rentan menyerang perempuan usia produktif dan dengan adanya kegiatan ini kami ingin memperkenalkan kegiatan-kegiatan kami untuk bersama meningkatkan pengetahuan masyarakat kita tentang Lupus agar tetap sehat.
Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMK N 4 Malang, Wadib S. berterima kasih atas kepercayaan dan kerjasama dari panitia dengan menunjuk SMK 4 ini sebagai tuan rumah. Kepedulian ini tingkatnya sangat tinggi sehingga semoga dengan adanya pemahaman seperti ini segera mengetahui dan mendeteksi masyarakat sekitar kita dapat hidup lebih sehat.

Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA dalam sambutannya juga menyampaikan apresiatif dan ucapan terima kasih atas partisipasi dari para peserta maupun dewan guru SMP-SMA se- Kota Malang untuk bersama –sama peduli akan kesehatan. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat kita dapat hidup lebih sehat dan saya berharap acara seperti ini dapat terus dilanjutkan, harapnya. (An4nk)