Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

Melalui teleconference mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) bersama dengan para mahasiswa kesehatan se – Indonesia mengikuti kegiatan sosialisasi tentang “Penulisan Jurnal Ilmiah dan Publikasi Ilmiah bagi mahasiswa S1, S2 dan S3”. Kegiatan yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud – RI) dilaksanakan pada Sabtu, (21/7).

Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan – Dikti, Widyo Winarso mengatakan, “acara ini adalah upaya untuk menerangkan tentang Undang-undang (UU) Perguruan Tinggi (PT) yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)”, jelasnya.
Widyo menambahkan, UU tersebut merupakan hasil dari wacana konsep Dikti yang telah mengajukan semacam usulan penulisan dan publikasi Jurnal Ilmiah bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 yang tertuang dalam pasal 13 dan 14 yang terkait dengan bidang kemahasiswaan.

Menurutnya, Mahasiswa memang mempunyai kebebasan yang sangat tinggi dengan persepsi bebas bereksperimen sesuai minat, bakat dan akademik dengan meningkatkan kemampuan minat dan bakatnya melalui 7 organisasi profesi dibidang kesehatan di Indonesia. Merujuk pada surat edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 : Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3 yang sudah cukup lama dalam konteks pemfasilitasan wadah publikasi Jurnal Karya Ilmiah mahasiswa dalam program HPEQ  di laman Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) serta upaya seperti pelatihan-pelatihan , sehingga di harapkan melalui pre-test ini bisa mendorong prestasi dan publikasi dari insan akademik dalam meningkatkan publikasi ilmiah ditingkat nasional maupun internasional, harapnya.

Dalam video conference tersebut hadir sebagai pemateri Prof. Ir. Wasmen Manalu, PhD (guru besar Fakultas Kedokteran Hewan – IPB) dengan dimoderatori oleh dr. laurentia olga (UI). (Ang)