Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 September 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Sebanyak 765 mahasiswa/I baru (maba) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Program S-1 angkatan 2014/2015 secara resmi diterima oleh Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA selaku Dekan FKUB dalam apel pembukaan Probinmaba yang dilaksanakan pada Selasa (3/9) di Lapangan Parkir Gedung C (Graha Medika FK).

Dalam acara pembukaan tersebut Dekan didampingi oleh Pembantu Dekan II, Pembantu Dekan III, Kepala Tata Usaha beserta Para Kasubbag, serta para Kajur dan Sekjur dan jajaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dilingkungan FKUB.

Apel  pagi yang dikoordinatori oleh BEM FKUB ini  diikuti oleh seluruh  maba angkatan 2014 dari 6 Jurusan dan Program Studi dan akan menjalani pengenalan kehidupan kampus selama 2 hari yakni pada hari Jum’at s.d. Sabtu (3– 4/ 9) dengan beberapa agenda mulai dari perkenalan Dekanat, Perkenalan BEM, Presentasi, Pemutaran Video sampai mobilisasi untuk lebih dekat dan mengenal  dengan FKUB.

Ketua Pelaksana Probinmaba FK, dr. Bambang Prijadi, MS dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang pengenalan kampus sebelum saudara memasuki perkuliahan yang telah dipersiapkan secara matang. “ Dari hasil rekapitulasi yang telah disusun dalam Probinmaba tahun 2014 Jumlah total peserta adalah 765 mahasiswa baru. Dengan rincian  1). Pendidikan Dokter (Regular + kelas Bahasa Inggris) 232 maba, 2). Ilmu Keperawatan  (Reg + K3LN)   maba, ,  3). Ilmu Gizi (Reg) 121 maba, (SAP) 59 Maba, 4). Pendidikan Dokter Gigi 104  maba, 5). Farmasi 74 maba, dan 5). Kebidanan 85  maba” . Jelas Pembantu Dekan III FKUB  ini.
Selain itu, Dihadapan 765 mahasiwa/I baru tersebut Dekan berpesan agar para mahasiswa/I yang sudah masuk di FKUB untuk dapat belajar secara bersama – sama agar menjadi tenaga kesehatan yang professional. Terlebih FKUB sangat menekankan tentang Etika dimana etika ini penting untuk dapat terus dipergunakan sampai saudara masuk kedunia kerja nantinya.

Selanjutnya, mantan Kajur  Pendidikan Dokter ini juga memberikan selamat atas diterimanya saudara yang telah berhasil berkompetisi dengan perbandingan 1:32 dan saya berharap saat ini fokus tenaga pelayanan kesehatan adalah “ keselamatan pasien (Patient Safety)” maka tugas saudara selama menjalani proses pendidikan di FKUB harus dibarengi dengan belajar dengan bersungguh-sungguh, tegasnya.

Disamping itu Presiden BEM FKUB M. Fathir juga menjelaskan bahwa probinmaba ini bukanlah suatu akhir dari perjuangan rekan – rekan mahasiswa, tetapi inilah awal dari babak baru dimana kita telah melepas atribut SMA dan mulai menyusun masa depan dengan belajar di FKUB ini.

Ajang Probinmaba adalah sebagai persiapan saudara untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan semua yang kita upayakan ini dengan baik. Junjung tinggi etika rekan – rekan semua karena budaya pendidikan Kedokteran sangat berbeda dengan pendidikan lainnya. (An4nk)