Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 8 September 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dengan semakin banyaknya jumlah program studi  baik tingkat strata 1 maupun program pendidikan dokter  spesialis serta kualitas lulusan yang sudah tersebar di berbagai pelosok Nusantara, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) selalu dilirik oleh Fakultas Kedokteran di Indonesia untuk “berguru” dalam upaya mendirikan, meningkatkan kualitas dan proses pendidikannya.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang pada Senin (7/9) kemarin melakukan kunjungan ke FKUB dalam upaya  menjajaki dan sharing untuk penyelenggaraan pendidikan dokter spesialis.

Dikatakan Asep Sukohar selaku perwakilan dari Universitas Lampung (Unila), FK- Unila saat ini sudah terakreditasi A sehingga diharapkan sudah harus mulai mempersiapkan pendirian Program Pendidikan Dokter Spesialis, tegasnya.

Kami di FK-Unila bekerjasama dengan Rumah Sakit Abdul Muluk dalam proses pendidikan selama ini. Dalam kesepakatannya, kami bersama-sama ingin mewujudkan sinkronisasi bagaimana cara untuk mendirikan dan proses menyelenggarakan Prodi Spesialis kedepan serta ingin bekerjasama lebih lanjut dengan FKUB dalam konteks Tri Darma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabidan kepada masyarakat).

Oleh karena itu, maksud dan tujuan kami berkunjung ke FKUB adalah untuk mengetahui hal teknis tersebut, katanya. Ia menambahkan, rencananya dalam tahap pertama ini kami akan berkunjung dan belajar banyak hal serta ingin bekerjasama  pada 4 prodi spesialis diantaranya : Obstetri dan Ginekologi, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehtan Respirasi dan Pulmonologi serta Ilmu Kesehatan Anak.

Menanggapi hal tersebut Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, MKes menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh FK-Unila.

Menurutnya, Kami sangat setuju dengan adanya upaya kerjasama dalam konteks Tri Darma PT yang dilakukan oleh FK-Unila. Kami juga berharap pihak FK-Unila tidak hanya bekerjasama dengan program spesialis, akan tetapi dengan semua program studi yang berjumlah 27 prodi.

Dalam kunjungannya tim FK-Unila beranggotakan Wakil Dekan, Ketua Bakordik, dan beberapa staff, sedangkan dari Pihak FKUB rombongan ini disambut oleh Dekan Dr. dr. Sri Andarini, MKes), Wakil Dekan I (dr. dr. Wisnu Barlianto) dan Ketua Kerjasama FKUB (dr. Wening Pratowo, SpF). (An4nk-Humas FKUB)