Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 6 Maret 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

BHSC-2017

Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya kembali membuktikan eksistensinya di dunia keilmiahan nasional. Tiga belas peserta lomba keilmiahan menjadi finalis Lomba Scientific Atmosphere 10 dan BHSC yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (UNUD), Bali. Adapun delegasi yang menjadi finalis Scientific Atmosphere 10 dan BHSC ini adalah Alfryan Janardhana (Kedokteran 2014), M. Naufal Al Hasan Kedokteran 2014), Edvin Prawira N (Kedokteran 2014), Siti Nadhiroh (Kedokteran 2015), Atik Nurjannah (Kedokteran 2013), Rizkha Farida (Kedokteran 2013), Ika Dewi Soraya (Kedokteran 2013), Fatika Maulidyah Yuwanto (Ilmu Keperawatan, 2014), Putu Ijiya Danta (Kedokteran 2014), Made Prissila Prindani (Kedokteran, 2015), Hanestya Oky Hermawan (Kedokteran profesi, 2014), Dita kartika sari (Kedokteran profesi 2014), Hafistyawan maulidyananta agdana (Kedokteran profesi, 2015).

Rangkaian acara SA dan BHSC berlangsung selama empat hari, mulai dari 15 sampai 19 Februari 2017. Hari pertama diawali dengan pembukaan dan penyambutan yang bertempat di FK Universitas Udayana. Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana SA 10 dan BHSC 2017, Ketua KIH FK UNUD, dan Ketua BEM FK UNUD dan acara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UNUD secara simbolis dengan memukul gong. Kemudian dilanjutkan technical meeting dimana dibacakan peraturan masing-masing cabang kompetisi. Pada pukul 22.30 WIB ditutup dengan acara pengambilan nomor urutan peserta lomba masing-masing cabang kompetisi.

Hari kedua merupakan hari pelaksanaan lomba dilaksanakan. Lomba dilakukan mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.45. Lomba video edukasi dan BHSC cluster biomedis dilakukan diruangan yang berbeda. Setelah perlombaan selesai peserta dimobilisasi kembali ke hotel untuk bersiap-siap melakukan city tour ke uluwatu pada pukul 14.00. Pada city tour, peserta diajak untuk berbelanja oleh-oleh di pusat oleh-oleh airlangga dan melihat pertunjukkan kecak.

Hari ketiga, peserta mengikuti city tour kembali yang dilaksanakan pada pukul 07.00 dengan tujuan water sport pulau penyu. Peserta kembali ke hotel kira-kira pukul 16.30. Pada  malam harinya dilaksanakan acara gala night  di hotel Neo Denpasar dengan kegiatan makan malam bersama dan pertunjukkan hiburan dari masing-masing universitas. Peserta dimobilisasi pulang kembali ke hotel pada pukul22.30.

Hari ketiga merupakan hari dilakukan seminar scientific atmosphere dan pengumuman pemenang dari lomba-lomba yang diadakan pada ruang nusantara gedung agro kompleks kampus sudirman. Seminar yang diadakan diisi oleh dr.Yukhi Kurniawan, Sp.And tentang “infertility in men”, dr.Made Suyasa Jaya, Sp.OG(K) tentang “infertility in women”, dan Dr.dr Dicky Moch Rizal, M.Kes. Sp.And tentang “manajement of infertility”. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba. Pengumuman dimulai dari lomba video edukasi, Universitas Brawijaya mendapatkan peringkat 3 atas nama Fatika Maulidyah Yuwanto, Mochammad Yusuf  (FKG), dan Azimah Nurin Nafilah(FKG). Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba BHSC cluster biomedis. Universitas Brawijaya mendapatkan Best Oral Presenter atas nama Alfryan Janardhana, M. Naufal Al Hasan, Edvin Prawira N, dan Siti Nadhiroh. Selain itu juga mendapatkan First Runner Up atas nama Hanestya Oky Hermawan, Dita kartika sari, dan Hafistyawan maulidyananta Agdana. (Mahasiswa For HUMASFKUB)