Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 Januari 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Semarak rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-43 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) sangat meriah dan mendapatkan dukungan berbagai pihak. Salah satunya adalah kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan gratis bagi pejuang Veteran, Staf Purna Tugas, Masyarakat dan Dhuafa yang mengambil tema Unity in Harmony “Bersatu Berjuang Untuk Malang Raya Sehat” pada Sabtu (7/1/17) di Lapangan Rampal, Kesatrian Kota Malang.

Dalam kegiatan kemanusiaan tersebut FKUB menggandeng sejumlah Instansi, Organisasi, LSM dan sivitas akademika FKUB diantaranya: KODIM 0833, KESDAM, DENBEKANG, DENKESYAH, DINKES KOTA MALANG, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) CABANG MALANG, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Malang Raya, Malang Care, Alumni Dokter FKUB, Jajaran Pimpinan FKUB , Staf dan Badan Eksekutif Mahasiswa FKUB.

Hadir dalam kegiatan bersama tersebut, Dekan dan Wakil Dekan I, II dan III FKUB, Komandan Kodim 0833, Komandan Kesdam, Komandan Denbekang, Ketua IDI Malang, Ketua IAI Malang, Kadinkes, Anggota Malang Care dan anggota diwilayah Kodim 0833.

Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW. M.Kes, SpRad (K) selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis ke 43 FKUB melaporkan, kegiatan ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis FKUB ke 43 dimana pada hari jumat kemarin (6/1/17) telah kami laksanakan tausiyah dan doa bersama dengan anak-anak dari panti asuhan, dan agenda kami kedua yaitu kegiatan bakti sosial pada hari ini sedangkan besok hari minggu adalah kegiatan puncak Dies Natalis yang akan diisi dengan kegiatan Gowes tour de Karangkates, Funbike keliling Malang, Jalan Sehat, Expo Program Pendidikan Spesialis Bazar dan Panggung Hiburan, terangnya.

Selanjutnya Wakil Dekan III FKUB ini juga menabahkan bahwa dalam kegiatan bakti sosial ini merupakan kolaborasi pertama kalinya yang melibatkan beberapa intansi. Dalam baksos kali ini kami sudah membagikan sekitar 750 kupon, yang terbagi atas 100 kupon LVRI, 375 PPAD, 100 kupon untuk staf puna tugas fkub, dan lainnya untuk Dhuafa dan masyarakat sekitar denga didukung lebih dari 30 dokter, Staf Medis dari Kesdam, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Malang, Ikatan Apoteker Indonesia Malang, Lakesma FKUB dan staf dari FKUB, kami berharap semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut.

Pada kesempatan yang sama Ketua Asosiasi Malang Care Dr. dr. Dhelya Widasmara, SpKK menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKUB karena sudah memberikan kepercayaan kepada Malang Care untuk mempromotori pelaksanaan kegiatan ini.

Lebih lanjut Alumni FKUB ini menegaskan, bahwa Malang care adalah sebuah organisasi non profit yang bergerak dibidang kemanusiaan terutama dibidang kesehatan dengan prinsip 5 hari kerja dan 1 hari berbuat kebaikan. Sesuai dengan visi kami bahwa kita sebagai generasi muda mempunyai komitmen untuk lebih baik berbuat dari pada hanya berkata-kata, tutur wanita kelahiran Tahun 1982 tersebut.

Sementara itu, Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, MKes menyambut baik kegiatan baksos seperti ini. Dikatakan beliau dalam sambutannya, ini merupakan kegiatan kolaborasi pertama dari seluruh instansi dan institusi yang dilaksanakan FKUB dengan Kodim, saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut kedepan dan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, tegasnya.

Sebagai sebuah Institusi Perguruan Tinggi FKUB mempunyai kewajiban menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai perguruan tinggi kita harus meningkatkan Coorporate Social Responsibility (CSR). Dengan kegiatan baksos seperti ini maka akan memenuhi taget kerja kita untuk melengkapi tugas dan tanggung jawab kita.
Kini FKUB menduduki peringkat 5 besar Fakultas Keodkteran di Indonesia dan UB sendiri menjadi universitas favorit kedua di Indonesia. Sebagai salah satu satu kampus besar dan favorit, kita bisa melibatkan Fakultas – fakultas yang ada di UB untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan bakti sosial kita, sehingga kegiatan kita nanti akan semakin baik, variatif dan sesuai dengan pakem pengabdian masyarakat dari fakultas yang ada di UB.

Kami berharap kegiatan yang baik initidak hanya dilakukan di lingkup Kota Malang saja, akan tetapi kita berencana untuk turun dan membantu masyarakat di daerah pedesaan, harapnya. (An4nk/ HumasFKUB)