Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 24 Mei 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Agenda Kegiatan

(Padang – Sumatera Barat), ASF 2016 (Andalas Scientific Fair) merupakan suatu event keilmiahan yang diadakan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Pada tahun 2016 ini ASF diadakan selama 3 hari yaitu pada 6 s.d 8 Mei 2016. Di event tahunan ini Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya kembali mengirimkan 7 timnya untuk berjuang diajang keimiahan yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat tersebut.
Rombongan FKUB diwakili oleh 1 orang perwakilan essay ilmiah atas nama Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi 2014),  dan 3 Tim KTI yang terdiri dari; Tim 1 = Nur Rizkatul Luluk Furu (Pendidikan Dokter, 2014) , Armyd Haleluya Waly (Pendidikan Dokter, 2013) dan rekan FKG), Tim 2 = Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi, 2014), dan Adistya Alfatikha (Farmasi, 2014), Tim 3 = Fatika Maulidiyah (Ilmu Keperawatan, 2014) , dan Ockta Yolandha (Ilmu Keperawatan, 2014).
Sedangkan  kategori poster terdiri dari 3 Tim Poster Populer  antara lain: Tim 1 = Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi, 2014), dan Adistya Alfatikha (Farmasi, 2014), Tim 2 = Yusmita Marnawati (Farmasi, 2014), Ika Ilmia ((Farmasi, 2014)  dan Tim 3 = Fatika Maulidiyah (Ilmu Keperawatan, 2014) , dan rekan FKG)
Pada event tahunan tersebut, delegasi FKUB berangkat dari bandara juanda, Surabaya untuk menuju Padang pada hari Jumat, 6 Mei 2016 pukul 08.00 WIB dan tiba di Padang pada pukul 21.00 WIB dengan disambut sambutan hangat oleh panitia ASF yang bertugas sebagai LO. Di hari pertama delegasi langsung menuju penginapan yang terletak tidak terlalu jauh dari Universitas Andalas untuk beristirahat dan mempersiapkan presentasi di hari berikutnya.
Pada hari kedua di Padang, para delegasi dari FKUB bersiap menuju Universitas Andalas untuk mempresentasikan hasil karyanya bersama dengan delegasi yang lain yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, UGM, UNAIR, UNRI, UNUD, UNAND, UMY, Poltekes, UNAND dan lain-lain.
Masing- masing Presentasi dibagi menjadi 3 ruang (1 ruang KTI, 1 ruang poster populer, dan 1 ruang essay ilmiah) dengan mekanisme undian untuk menentukan urutan tampil dari masing-masing tim.
Tim dari FKUB berhasil mempresentasikan karyanya dengan sangat baik dan lancar. Durasi presentasi tiap karya berlangsung dengan total waktu 20 menit (10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab). Sesi presentasi karya dari seluruh delegasi selesai pada pukul 12 siang, kemudian dilanjutkan dengan Ishoma dan kemudian dilanjutkan dengan acara city tour berkeliling kota Bukittinggi. Di city tour ini delegasi FKUB diajak berkeliling di kota Bukittinggi dengan mengunjungi jam gadang yang merupakan icon kebanggaan dari kota ini. Di kota bukittinggi selain mengunjungi jam gadang, delegasi FKUB juga menyempatkan berwisata kuliner sambil menikmati suasana malam di kota bukittinggi dan tidak lupa mencari oleh-oleh. Acara city tour ini berakhir pada pukul 01.00 WIB dini hari karena perjalanan dari Bukittinggi-Padang memang cukup jauh. Setelah itu delegasi segera menuju penginapan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk keesokan harinya.
Dihari ke-3 di Padang, tibalah saatnya untuk pengumuman pemenang dan Seminar Nasional dan Talkshow mengenai Kanker Payudara “Increase Quality of Life with Ca Mammae Management”. Seminar ini dilaksanakan di Hotel Axana yang berada dipusat kota Padang. Acara seminar  belangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Pada talkshow ini dihadirkan survival kanker payudara untuk sharing mengenai pengalamannya, sehingga peserta seminar dapat lebih memahami mengenai penyakit kanker payudara. Di akhir acara seminar tibalah saatnya pengumuman pemenang dari ASF 2016. Sekali lagi prestasi membanggakan berhasil diperoleh oleh delegasi dari FKUB karena 4 dari 7 tim yang dikirimkan telah berhasil merebut membawa pulang piala sebagai juara , dengan rincian :
·    Juara 1 Poster Populer atas nama Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi, 2014), dan Adistya Alfatikha (Farmasi, 2014)
·    Juara 3 Poster Populer atas nama Fatika Maulidiyah (Ilmu Keperawatan, 2014) , dan rekan FKG)
·    Juara 1 Karya Tulis Ilmiah atas nama Fatika Maulidiyah (Ilmu Keperawatan, 2014) , dan Ockta Yolandha (Ilmu Keperawatan, 2014)
·    Juara 3 Essay Ilmiah atas nama Nilna Jauharotul Kamelia (Farmasi 2014).
Setelah pembacaan juara tersebut, delegasi dari FKUB berkesempatan untuk berjalan-jalan lagi disekitar Padang sebelum bertolak pulang ke Malang di keesokan harinya. Delegasi FKUB sampai di Malang pada hari senin malam, tanggal 9 Mei 2016. Banyak sekali pengalaman dan ilmu yang diperoleh oleh delegasi selama berada di Padang. Semoga lebih banyak prestasi yang ditorehkan oleh delegasi-delegasi FKUB selanjutnya. (Mahasiswa For Humas FKUB)