Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Mei 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Agenda Kegiatan

adhesion 1Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Education Project, ADHESION 2016 adalah event yang diadakan oleh Asian Medical Student Association (AMSA-Brawijaya) sebagai tindak lanjut dari acara tahunan/ Event of the Year AMSA-Indonesia yang tahun ini mengambil tema, ADHD: I’m Not A Monster. Secara umum acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kita sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran  (FK) kepada  anak-anak berkebutuhan khusus seperti ADHD ini dan juga memberikan sosialisasi dan pemahaman ke masyarakat bahwa anak-anak ini adalah anak yang cerdas dan sama seperti kita dan tidak untuk dijauhi ataupun di musuhi.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 15-16 April 2016 di Lembaga Terapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) A-Plus dan SD Brawijaya Smart School Malang.

adhesion 3Rangkaian acara ADHESION dimulai dengan Open Recruitment Volunteer yang dibuka untuk seluruh Mahasiswa FKUB pada tanggal 24-31 Maret 2016. OR Volunteer ini mendapat tanggapan yang cukup baik dengan terpilihnya 20 Volunteer yang terdiri dari angkatan 2013-2015 dari berbagai jurusan di FKUB. Selanjutnya, pada tanggal  10 April diadakan Briefing sekaligus penjelasan singkat terkait kegiatan ADHESION. Volunteer juga diberikan gambaran terkait sifat dan perilaku anak-anak ADHD oleh panitia dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman serta meningkatkan rasa percaya diri saat mendampingi anak-anak ADHD.

adhesion 2ADHESION Day 1 dilaksanakan pada hari Jumat, 15 April 2016 di Lembaga Terapi ABK A-Plus berlokasi di JL. Salatiga No. 2 Malang. Acara ini dibuka oleh Ketua Pelaksana Zulfa Radatul Jannah dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah sekaligus Pemilik Lembaga Ibu Indra. Acara pada pukul 13.00 dengan kegiatan materi serta praktek cuci tangan kepada 10 anak-anak ADHD. Antusiasme anak-anak ini sangat baik dan mengikuti arahan kakak-kakak volunteer yang memberikan materi dan mendampingi saat praktek cuci tangan. Setelah praktek cuci tangan, anak-anak bersama volunteer menuju keluar ruangan untuk bermain game seperti  Hula Hoop, Menebak gambar hewan dan Estafet koran. Setelah bermain, anak-anak ini beristirahat sekaligus snack time untuk sekaligus bonding time untuk volunteer untuk berkenalan dengan adik-adik.

Setelah beristirahat, acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk anak-anak didampingi oleh volunteer. Acara ini cukup meriah karena antusiasme anak-anak ADHD tinggi dalam mewarnai. Setelah lomba mewarnai ,acara dilanjutkan dengan permainan game seperti Ular Naga panjangnya dan Menyusun gelas Air mineral.  Di akhir sesi acara ini, diumumkan awards/ pemenang kepada seluruh anak-anak ADHD dengan tujuan memberikan apresiasi karena telah mengikuti acara pada hari ini dengan semangat. Setelah sesi penyerahan hadiah, dilanjutkan sesi bernyanyi dan foto bersama dengan anak-anak ADHD, Panitia, Volunteer dan Guru serta Kepala Sekolah Lembaga Terapi ABK A-Plus. Acara ini sekaligus menutup kegiatan ADHESION  Day 1 yang berakhir pada pukul 17.00

Pada hari selanjutnya, Sabtu, 16 April 2016, kegiatan ADHESION 2016 dilaksanakan di SD Brawijaya Smart School tepatnya di kelas IV dan V. Pada hari ke 2 ADHESION ini, Volunteer dan Panitia melakukan penyuluhan tentang ADHD atau ADHD Campaign ke siswa-siswi kelas IV dan V SD dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap penderita ADHD. Selain itu, kami juga berupaya menumbuhkan pola pikir siswa-siswi  SD bahwa anak-anak ADHD bukan untuk dijauhi dan dimusuhi karena mereka sama dengan mereka semua dan juga memiliki kecerdasan yang luar biasa. Acara dimulai pada puku 07.00 yaitu briefing volunteer dan panitia terkait teknis acara dan materi yang disampaikan saat penyuluhan. Setelah briefing, tepatnya pada pukul 08.00 kami menuju kelas masing-masing untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan ini.  Setelah berkenalan, kami memulai penyuluhan dengan game Eat Bulaga dimana seorang siswa diminta untuk menebak kata yang berhubungan dengan ADHD dibantu oleh temannya untuk memberikan clue. Siswa-siswi SD BSS sangat antusias mengikuti game tersebut. Setelah game, peserta mengenalkan hal-hal yang berhubungan dengan ADHD. mulai dari ciri-ciri sampai himbauan untuk tidak memusuhi atau menjauhi teman-teman mereka yang merupakan ADHD
.
Agar tidak bosan, Acara dilanjutkan dengan game Hang Man, dimana siswa-siswi diajak untuk menebak hal-hal berkaitan dengan ADHD sehingga lebih memahami materi yang diberikan. Sesi selanjutnya adalah menonton video yang terkait dengan ADHD dan video story saat ADHESION Day 1, sehingga anak-anak ini memiliki gambaran terhadap perilaku dan ciri-ciri anak-anak ADHD.Selanjutnya , ada penyerahan penghargaan adik teraktif tiap kelas dan diakhiri dengan snack time.  Setelah Snack time selesai, peserta menunjuk satu siswa untuk memberikan kesimpulan dari pelajaran yang mereka dapatkan pada hari ini. Di akhir sesi ada foto bersama dengan siswa-siswi di masing-masing kelas sebagai kenang-kenangan dan kampanye bahwa mereka mensupport anak-anak ADHD. Acara ADHESION Day 2 ini diakhiri dengan sesi penyerahan kenang-kenangan berupa vandel dan bingkisan dari panitia diwakili oleh Ketua Pelaksana, Zulfa Raudatul Jannah kepada perwakilan sekolah SD Brawijaya Smart School Malang dan ditutup dengan foto bersama peserta, siswa dan guru. (Putu Ijiya Danta Awatara – PSPD/2014 For Humas FKUB)