Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Juli 2016 , oleh angga , pada kategori Agenda Kegiatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang telah sukses mengadakan sebuah pertemuan ilmiah  internasional yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Mei 2016 lalu, dengan nama ASEAN Congress of Tropical Medicine and Parasitology ke-tujuh (7th ACTMP), yang diadakan bersamaan dengan International Congress on Molecular and Clinical Aspects of AIDS, Tuberculosis and Malaria (ICMCA_ATM). Dua kegiatan internasional ini telah berhasil mengangkat nama dan eksistensi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ke panggung internasional, khususnya Asia Tenggara. Selama tiga hari pelaksanaannya di Hotel and Convention Savana, Malang, terhitung sekitar 180 peserta baik dari dalam negeri maupun mancanegara menghadiri acara tersebut. Dengan dukungan penuh dari Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Mohammad Bisri,  Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Dr. dr. Sri Andarini, MPH, sekitar 26 pembicara dari 7 negara (Indonesia, Malaysia, Jepang, Thailand, Korea, Australia dan Philipina) dapat hadir dan membagikan ilmu pengetahuan terbaru sesuai dengan bidangnya.  Acara ini juga dihadiri oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Indonesia, dr. HM.Subuh,MPH  dan Ketua Perkumpulan Pemberantasan Penyakit Parasit Indonesia (P4I), Dr.dr. Rita Kusriastuti M.Sc.

Acara konggres internasional ini mengangkat tema : “Combating the Big Three of  Infectious Diseases and Increasing Awareness of the Neglected Tropical Diseases”. Kongres ini berfokus pada tiga penyakit infeksi terbesar yaitu AIDS, Malaria, dan tuberkulosis. Terdapat empat topik yang diangkat untuk mendukung tema konggres  yaitu (1) The Big Three of Infectious Diseases: AIDS, Tuberculosis dan Malaria. (2) The Neglected Tropical Diseases: soil transmitted helminthiasis, filariasis, taeniasis and cysticercosis, schistosomiasis, leprosy, etc. (3) The New Emerging and Opportunistic Infectious Diseases: histoplasomis, isospora and cryptosporidiasis, actinomycosis, etc. (4) Bacterial Viral and Parasitic Zoonoses: dengue, anthrax, avian flu, rabies, toxoplasmosis, etc. Acara 7th  ACTMP  terdiri dari simposium yang terbagi dalam 9 sesi berdasarkan topik utama, presentasi kasus sulit dalam sesi Meet-the-Expert, disertai presentasi oral maupun poster untuk memfasilitasi hasil penelitian para peserta konggres.

Dari 180 peserta yang hadir, tercatat ada 52 karya penelitian yang dipresentasikan secara oral dan 62 karya penelitian yang dipresentasikan dalam bentuk poster. Terdapat 69 presenter yang penelitiannya telah direncanakan untuk dipublikasikan ke sejumlah jurnal. Sementara itu, tercatat ada 3 presenter dengan manuskrip yang telah diterima di Journal of Parasitology Research (April 2016); Pakistan Journal (Januari 2016); dan Parasites & Vector (April, 2016). Terakhir, terdapat 2 presenter yang naskah penelitiannya telah dipublikasikan di jurnal internasional yaitu Pathogens and Global Health (in press), (April, 2016) dan The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health, (March, 2016). Hal tersebut di atas menunjukkan bahwa para peserta kongres internasional ACTMP ini sebagian besar  adalah para peneliti yang sangat berkualitas dan sangat peduli terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan tropis dan parasitologi.

Saat berlangsungnya acara, sebagian besar peserta aktif mengajukan pertanyaan maupun pendapatnya yang berhubungan dengan topik yang diangkat, sampai pada  beberapa kali sesi tanya jawab, waktu harus ditambah karena antusiasme peserta yang begitu tinggi. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil olah kuesioner yang didapatkan dari  para peserta yaitu bahwa sekitar 70% peserta sudah puas dengan topik yang diangkat dan pembicara yang handal dalam menyampaikan  topik yang diangkat, dan sekitar 25% peserta merasa sangat puas dengan topik yang dipilih dan sekitar 22.5% peserta sangat puas dengan pembicara yang mempresentasikan topik yang dipilih. Hal ini merupakan suatu prestasi tersendiri bagi FKUB.

Akhirnya, pada hari ke-tiga yang merupakan penghujung rangkaian acara konggres internasional ACTMP, diumumkan tiga pemenang dari kompetisi student oral presentation dan poster presentation. Para pemenang student oral presentation adalah  :

1)      Pemenang pertama :  Thamayanthi Nada Raja, Kim Sung Lee, Ramlah Zainudin,  Balbir Singh ( Novel Plasmodium sp. in Long-tailed Macaques of Sarawak, Malaysian Borneo).

2)      Pemenang kedua : Ma Angelica A. Tujan, Ian Kendrich C Fontanila, Vachel Gay V. Paller (Vectors and Spatial Patterns of Angiostrongylus cantonensis in Selected Rice-Farming Villages of Munoz, Nueva Ecija, Philippines).

3)      Pemenang ketiga : Ika Puspa Sari, Ria Kodariah, Agnes Kurniawan (Cryptosporidiosis Detection on Toddlers Using Direct Immunofluorescent Method Fitc (C-Mab)).

Sementara itu para pemenang poster  presentation adalah  :

1)      Pemenang pertama : Korrie Salsabila,  Wisnu Tafroji, Miftahuddin Majid Khoeri, Sorta Basar Ida Simanjuntak, Daniel Joko Wahyono, Dodi Safari (Immunogenicity of Gold Glyconanoparticles As A Vaccine Candidate Against Streptococcus pneumonia in Mice Model).

2)      Pemenang kedua : Marjorie R Abuel, Rizza Mae T Bugtong, Kathleen N Ordonez (Contamination Rate of Soil-Transmitted Helmints on Soils From Elementary Schools in Lucban, Quezon, Phillippines).

3)      Pemenang ketiga : Robiatul Adawiyah , Atik Arimurti, Ridhawati Sjam (Comparison of Selenium Sulfide 1% dan Zinc Pyrithion 1% and Combination of Them in Overcoming Malassezia globosa In Vitro).

actmp2 actmp1