Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 4 Juni 2013 , oleh angga , pada kategori Berita

Sebanyak 25 lulusan profesi perawat dan 52 sarjana gizi dilantik dan diambil sumpahnya dihadapan Dekan FK UB, Prof Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Gedung Graha Medika FK UB, Sabtu (1/6).

Dalam pidatonya, dr. Karyono Mintaroem mengatakan para lulusan S1 Ilmu Keperawatan dan Lulusan Sarjana Gizi baru diharapkan memberikan perawatan bagi penderita di rumah sakit  dan pusat-pusat pelayanan kesehatan.

Dia juga menghimbau agar masing-masing tenaga medis yang kompeten bisa bekerja dalam satu tim dibawah koordinasi seorang klinisi.

“Kerjasama tim sangat diperlukan untuk menghasilkan pelayanan yang menyeluruh. Selain itu didalam kerjasama tim haruslah dipahami keterpaduan penanganan seorang penderita yang dipimpin oleh klinisi. Untuk itulah masing-masing bidang perlu bahu membahu dalam upaya kesembuhan penderita,”katanya.

Sementara itu, dengan dilantiknya 25 lulusan profesi perawat, maka jumlah alumni Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) sebanyak 1082 orang, dan jumlah alumni Program Studi Ilmu Gizi sebanyak 665 orang. Baik lulusan perawat maupun sarjana ilmu gizi saat ini sudah tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Bahkan Sekretaris Jurusan PSIK FK UB mengatakan 1082 perawat telah tersebar di Indonesia dan dunia, seperti Jepang dan Belanda.

Wakil lulusan 2013, Rio Ardi Vigianto, S.Gz mengatakan bahwa gelar yang diberikan merupakan tanggungjawab sebagai pendidik sekaligus pelayan bagi masyarakat khususnya dalam hal kesehatan.

“Kondisi kesehatan merupakan cerminan kualitasi kesejahteraan hidup dari masyarakat. Mari kita jaga kepercayaan atas profesi kita dengan sebaik-baiknya dalam bermasyarakat, sehingga gelar yang kita peroleh atas usaha dan pengorbanan berbagai pihak dapat berguna sebagaimana mestinya,”katanya. [Oky]