Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 Mei 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_pkmSebanyak 56 hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FKUB yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan  Lembaga Studi Ilmiah Mahasiswa (LSIM) patut berbangga setelah lolos seleksi untuk menjadi wakil bagian dari  ajang kreativitas bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang akan di laksanakan  di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bulan Juli mendatang .

FKUB merupakan salah satu fakultas yang mampu memberikan kontribusi terbaik dari beberapa fakultas yang ada di Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Pembantu Dekan I, Kasubbag Kemahasiswaan serta para Mahasiswa dan dipusatkan di Ruang Auditorium Lantai 6 GPP FKUB ini dilaksanakan pada Minggu (6/5).

“Kegiatan ini diikuti oleh 250 mahasiswa FKUB yang berkontribusi dengan menghasilkan 56 judul PKM dari jumlah total  Sebanyak 313 hasil Program Kreativiitas mahasiswa (PKM) se- UB ini nantinya akan dipresentasikan diajang Pimnas yang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada bulan juli nanti”, kata Fredo selaku Direktur LSIM-FKUB.

56 judul PKM dari FKUB yang didanai oleh DIKTI tersebut meliputi PKM-P, PKM-KC dan PKM-M. Beberapa karya telah terpublikasi di Media Massa, hal ini merupakan sebuah peningkatan prestasi dimana tahun lalu 2 kelompok dari 4 kelompok yang lolos PIMNAS 2011 berhasil memperoleh medali emas, “tambah mahasiswa asli Lumajang ini”.

Disamping itu, Dekan FKUB Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA menghimbau agar setiap mahasiswa baik S1, S2 dan S3 untuk mempublikasikan tulisannnya melalui jurnal maupun media massa. FKUB selama ini banyak sekali mendapat pujian dari segala aspek seperti tingkat kelulusan mahasiswa kita saat mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang sangat baik dan mampu bersaing dengan lulusan dari Kedokteran se-Indonesia.

“Sehingga diharapkan pada tahun-tahun mendatang mahasiswa kita mampu untuk untuk lebih banyak lagi yang bisa memasukkan hasil penelitiannya diajang PIMNAS”, harap dosen spesialis Patologi Anatomi tersebut.

Selain itu, Pembantu Dekan I Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes menambahkan, PKM merupakan sebuah ajang kreativitas bagi mahasiswa dan sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. Keuntungan dari keikutsertaan saudara dalam penelitian ini sangat banyak, kalau nanti hasil penelitian saudara menang dalam ajang Pimnas atau Kemenkes tentunya saudara tidak perlu membuat ulang Tugas Akhir (TA), ungkapnya.

“Disamping itu saudara juga bisa mengikutsertakan hasil penelitian saudara ke ajang yang lebih besar di tingkat Internasional seperti yang telah dilaksanakan oleh kakak-kakak tingkat saudara” , imbuhnya.

Hadir sebagai pemateri Prof. Dr. Abdul Hakim, M. Si (Guru besar Fakultas Ilmu Administrasi  – UB) yang memberikan presentasi tentang panduan umum Monitoring dan Evaluasi PKM serta beberapa mahasiswa aktif peraih Medali emas  diajang Pimnas 2011 Makhyan Jibril – Al Farabi dan Benny Pradana. (ANG)