Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 8 Januari 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

dies natalis 51Di usianya yang ke 51 tahun, Universitas Brawijaya (UB) sepanjang tahun 2013 memiliki banyak capaian prestasi yang menunjukkan semakin meningkatnya kualitas dan prestasi UB diberbagai bidang baik akademik, kemahasiswaan, maupun bidang manajemen dan keuangan. Hal ini disampaikan oleh Rektor, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito saat memaparkan Laporan Capaian Program Kerja Rektor UB Tahun 2013 di hadapan civitas akademika dalam acara pelaksanaan Rapat Terbuka Senat UB  dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 51, pada hari MInggu (5/1).

Dalam pemaparannya Yogi menyampaikan, pada bidang akademik jumlah Program Studi UB saat ini meningkat dari tahun 2012 sebanyak 156 menjadi 178 pada 2013. Dari keseluruhan PS tersebut sebagian besar telah terakreditasi A.

“Upaya peningkatan kualitas akademik terus kita lakukan sepanjang 2013 ini diantaranya Akreditasi Institusi ulang yang sebelumnya mendapat A dan optimis akan mendapatkan nilai A kembali. Begitu juga dengan proses Akreditasi Internasional untuk 10 PS terus dipercepat dengan harapan pertengahan tahun ini sudah tercapai,” paparnya.

Pada bidang kemahasiswaan banyak sekali prestasi yang diraih mahasiswa UB, baik di bidang ilmiah, orahraga dan seni. Prestasi-prestasi di bidang kemahasiswaan ini mempunyai arti strategis untuk sivitas akademika UB.

Ia menambahkan,  ada 10 prestasi mahasiswa di tingkat internasional dan 40 prestasi di tingkat nasional. Sungguh hal ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa dan membanggakan. Saat ini UB juga menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dalam aspek pemerataan kesempatan pendidikan dengan mempelopori penerimaan mahasiswa baru penyandang disabilitas yang perkuliahannya dilakukan secara inklusif. Program yang telah dimulai sejak tahun 2012 dengan menerima 15 mahasiswa dan meningkat menjadi 21 mahasiswa pada 2013.

“Hal yang sangat menggembirakan adalah prestasi para mahasiswa penyandang disabilitas ini tidak kalah dengan mahasiswa lain yang normal baik di bidang akademik maupun non akademik,” ungkap Rektor UB akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini.
Saat ini UB telah menawarkan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta sebanyak 48 jenis. Khusus Beasiswa Bidik Misi UB mendapatkan yang terbanyak diantara Perguruan Tinggi (PT) lain dengan total penerima beasiswa sebanyak 4.803.

Pada bidang organisasi dan manajemen peran Fakultas, Program serta Lembaga Unit lain sangat membantu percepatankemajuan dan perkembagan UB selama ini. Anggaran UB terus meningkat dari tahun ke tahun baik yang berasal dari pemerintah (APBN) maupun masyarakat (PNBP).

“Peningkatan jumlah anggaran bukan hanya disebabkan karena jumlah mahasiswa yang besar namun juga karena bebagai prestasi yang kita capai selama ini, khususnya kerjasama dengan pihak luar dan prestasi ditingkat internasional,” ungkapnya.

Kedepannya, UB harus terus maju dan berkembang karena sedikit kita memperlambat langkah, PT lain akan mendahului dan UB akan tertinggal untuk jangka waktu yang sangat lama.

“Oleh karena itu diperlukan pemimpin yang mampu bekerja keras, berani melakukan perubahan demi kemajuan, kreatif dan inovatif, serta dapat memotivasi serta memfasilitasi kebutuhan sivitas akademika UB tanpa memandang suku, agama, ras, asal daerah maupun kelompok,” Tegas Guru Besar Bidang Pertanian ini. [rian/an4nk]