Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 28 Pebruari 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sangat cepat dimasa kini menuntut dokter gigi untuk memperkaya dan mengembangkan ilmunya. Dalam menghadapi era globalisasi, dibutuhkan informasi tentang perkembangan iptek terkini untuk menjawab tantangan profesi dalam rangka pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Adanya berbagai hasil variasai penyakit dan konsisi klinis pada pasien, menuntut dokter gigi tidak hanya  memanfaatkan ilmunya selama studi, namun juga terus memperbharuinya dengan informasi dan hasil-hasil penelitian yang terus berkembang.

Sehubungan  dengan realita tersebut Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) sebagai salah satu instansi yang mencetak dokter gigi baru tidak hanya mengabdikan diri dalam pelayanan masyarakat, tetapi juga memiliki kewajiban untuk terus mendukung perkembangan IPTEK dan menyebarkannya dalam bentuk seminar ilmiah yang diikuti oleh mahasiswa, akademisi, peneliti, dokter gigi, dokter gigi spesialis maupun tenaga medis lainnya. Kegiatan Seminar Internasional sekaligus Lustrum 1 (peringatan 5 tahun berdirinya) prodi ini dikemas dalam bentuk kegiatan yang bernama “D’team 2014: 3rd Dental Technology Exhibition and Meeting” dengan tema Enhancing Dentist Competency in Globalization: INTEGRATING SCIENCE, TECHNOLOGY AND CULTURE yang dilaksanakan pada hari Kamis sampai Sabtu (20-22/2), di Royal Orchid Garden Hotel in Batu.

Yuanita Lely Rachmawati, drg., M. Kes selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertema Integrating Science, Technology, and Culture yang berrtujuan sebagai pertemuan ilmiah kedokteran gigi internasional yang dapat meningkatkan kemampuan para sejawat dokter gigi dalam melaksanakan profesinya, dapat meningkatkan peengembangan IPTEK bagi mahasiswa, akademisi, peneliti dan tenaga medis umumnya, mempererat silaturahmi antar profesi kedokteran gigi serta dalam rangka peringatan 5 tahun berdirinya PSPDPG FKUB, terangnya.

Sekprodi PSPDG ini menambahkan, semua kegiatan ini berupa acara kongres, ceramah ilmiah, table clinic, workshop, hands on serta pameran alat dan bahan kedokteran gigi. Peserta dalam kegiatan kami antara lain mahasiswa, akademisi, peneliti, dokter gigi, dokter gigi spesialis dan praktisi medis dari dalam dan luar negeri, lanjutnya.

Selain itu, kami menghadirkan para pembicara utama dari luar negeri sperti Jepang, Thailand, Amerika, Australia dan India. Sedangkan dari pembicara lokal kami hadirkan para pakar dari beberapa Universitas seperti UI, Unhas, Unair dan lain – lain.

Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito saat membuka acara ini menyampaikan, bahwa Prodi Pendidikan Dokter Gigi ini merupakan prodi yang baru berdiri tapi peminatnya sudah banyak dan bisa dilihat semakin berkembang.  Hal ini diharapkan nantinya prodi ini mampu mempersiapkan diri untuk mandiri dan berkembang menjadi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) kedepan.

Selain seminar dan diskusi kecil dalam kegiatan ini juga diselenggarakan gala dinner dimana pada acara makan malam tersebut diberikan sejumlah award kepada para peneliti dan peserta yang mengikuti lomba poster.  (An4nk)