Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 April 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_sumpahnersFakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Sabtu (21/4), menyelenggarakan prosesi Pengucapan Sumpah Ners. Prosesi diadakan di lantai 2 Graha Medika FKUB. Ketua Jurusan Keperawatan, dr. Subandi, MKes., DAHK., PA(K) menuturkan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) kali ini melepaskan 1 Ners baru hasil yudisium 25 Mei 2010, 14 Ners baru hasil yudisium 30 November 2011, dan 23 Ners baru hasil yudisium 9 Februari 2012 lalu.

Dari 38 lulusan Ners baru tersebut, yang mendapat predikat Cumlaude sebanyak 21 orang. Lulusan dengan predikat Cumlaude yang memperoleh IPK tertinggi yaitu Ns. Ani Budiati, S.Kep dengan IPK 3,78, Ns. Budi Kristanto, S.Kep dengan IPK 3,76, dan Ns. Unsiyyatul Usriyyah, S.Kep dengan IPK 3,74. Sampai saat ini PSIK telah meluluskan 948 Ners yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dekan FKUB Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA dalam sambutannya mengatakan, jika ditinjau dari kebutuhan bangsa, maka jumlah yang telah diluluskan masih jauh dari harapan. “Akan tetapi kami yakin bahwa kesenjangan kuantitas ini sedikit dapat tertutup bila para alumni profesi perawat FKUB selalu meningkatkan kualitas pengabdannya,” ujar Dekan FKUB.

Ia melanjutkan, kualitas pengabdian akan terjaga bila alumni selalu meningkatkan kemampuan keprofesian sehingga dapat berkiprah lebih baik. “Kami yakin para alumni dapat memenuhi harapan itu karena kemampuan akademik para alumni tidaklah diragukan lagi,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Wakil lulusan Ners baru Ns. Yustina Emi Setyobudi, S.Kep berpesan kepada para lulusan Ners baru agar dalam melayani masyarakat harus dapat meningkatkan kualitas sebagai tenaga kesehatan agar dapat melayani masyarakat sebaik-baiknya. “Para lulusan juga diharapkan turut serta aktif meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan dan ilmu agar tidak tertinggal dengan negara lain dan mampu bersaing dengan mereka di era perdagangan bebas ini,” pungkasnya. [mit/ang]