Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 29 Desember 2011 , oleh angga , pada kategori Berita

Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Selasa (26/12)  melaksanakan “Pengucapan Sumpah Dokter” yang diikuti tiga puluh tujuh lulusan dokter hasil yudisium dokter pada 6 Oktober 2011. Kegiatan yang dipusatkan di Graha Medika lantai II ini di buka oleh Dekan dan di hadiri oleh para Pembantu Dekan FKUB, Senat FKUB, Dosen dan tamu undangan lainnya.

Dr. dr. Sri Winarsih, Apt. Msi, (Ketua Jurusan Kedokteran UB), dalam laporannya menyampaikan, “Pengucapan Sumpah Dokter hari ini adalah hasil dari yudisium dokter tanggal 17 Maret 2011, 14 Juli 2011 dan 22 Desember 2011. Pengucapan Sumpah Dokter ini merupakan kewajiban bagi dokter baru yang akan menjalankan profesinya dan menandai telah selesainya proses pendidikan mulai tahap akademik sampai tahap profesi sehingga secara resmi berhak menyandang gelar dokter”.

Pengucapan sumpah dokter ini juga menunjukkan bahwa para dokter tersebut telah lulus dalam Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI), sehingga memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) untuk persyaratan Surat Ijin Praktek Dokter. Dengan demikian, sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah meluluskan sebanyak 4159 dokter. Dan para alumni FKUB tersebar diseluruh pelosok tanah air dan diluar negeri, namun diharapkankomunikasi antara para alumni dengan almamaternya masih terjalin dengan baik. Tentunya diharapkan demikian juga dengan para laumni baru yang mengucapkan sumpah dokter hari ini . “Imbuhnya”.

dr. Fadhilla Rakhmatiar, S.Ked yang mewakili wisudawan dalam sambutannya mengatakan, “Pengucapan Sumpah Dokter Baru Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya, merupakan acara yang membahagiakan  yaitu hari yang sangat bersejarah dalam satu fase kehidupan kami untuk mengawali langkah baru sebagai seorang dokter. Sebuah perjalanan yang tidak mudah kami raih, dengan diirngi segala macam canda dan tawa, kegembiraan, bahkan cobaan dan kesedihan. Kami menyadari keberhasilan ini bukan karena perjuangan dan pengorbanan kami semata, tapi karena kedua orang tua serta dosen, supervisor, dan guru-guru kami, karena dedikasi dan kesabaran yang tinggi dalam membimbing dan menutun kami menjadi seorang dokter yang berkualitas dengan tulus dan ikhlas. “ungkapnya”.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) FKUB dr. Arief Alamsyah, MARS dalam sambutannya berpesan kepada dokterbaru, “setelah lulus sebagai dokter dari FKUB, secara otomatis saudara – saudara sekalian adalah alumni Universitas Brawijaya. Sebagai alumni FKUB yang telah dibekali ilmu pengetahuan yang luhur, hendaknya selalu ikut berperan aktif dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut bidang kesehatan dengan cara menjaga kesehatan segenap lapisan masyarakat (termasuk menjaga kesehatan diri kita sendiri)melalui program promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Serta menjunjung tinggi, menghayatai, dan mengamalkan Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran dengan sebaik-baiknya, memberikan data dan tempat kedudukan anda yang bnaru kepada pengurus alumni dan menjadikan website alumni FKUB sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi masalah kedokteran dimamapun saudara bertugas, merapatkan barisan dengan sesama alumni UB walaupun berbeda fakultas, memiliki kepedulian dengan sesame alumni yang membutuhkan bantuan kita.” lanjutnya”.

Selain itu, Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA). Dr. dr. Basuki B. Purnomo, Sp.U menyampaikan “dalam era yang saat ini profesi kesehatan merupakan salah satu profesi yang banyak mendapat sorotan mayarakat, fenomena mal praktik yang masih sering kita jumpai di masyarakat menjadi indikasi belum konsistennya seorang dokter dalam menjaga etika profesi dan kepekaan moral, kepekaan dalam bersikap kepada sesama professional dan tanggung jawab atas profesinya kepada masyarakat. Sebagai seorang dokter harus bisa menjalanakan tiga peran sekaligus, sebagai agent of treatment, agent of change, dan agen of development.

Sementara itu, Dekan FK-UB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA, dalam sambutannya mengatakan, “ pada kesempatan kali ini akan dilepas sejumlah tiga puluh tujuh dokter baru hasil yudisium tanggal 17 Maret 2011, 14 Juli 2011, 6 Oktober 2011, dan 22 Desember 2011. Pengucapan Sumpah Dokter merupakan kewajiban bagi setiap dokter sebelum melaksanakan tugas profesinya”.

Selanjutnya, Saudara telah menempuh pendidikan ini kur lebih 6 tahun, suatu perjalanan yang penuh perjuangan dan pengalaman. Selamat kepada saudara yang juga telah berhasil lulus pada Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI), suatu standart baku mutu dokter Indonesia yang harus diikuti oleh seluruh lulusan dari Fakultas Kedokteran baik negeri maupun swasta. Untuk periode ke-XVIII ini FKUB lulus 94% dan sampai saat ioni FKUB selalu masuk dalam lima besar pada kelulusan UKDI.

Maka diharapkan saudara-saudara untuk melangkah maju mandiri, mengaplikasikan apa-apa yang telah saudara peroleh selama belajar dikampus FKUB dan RSU Dr. Saiful Anwar malang, terjun langsung kemasyarakat yang sampai saat ini masih banyak yang mebutuhkan pelayanan kesehatan yang prima.  (Ang)