Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Desember 2013 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

pelantikan 20 spesialis

Sebanyak 20 dokter spesialis baru dari berbagai Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PS PDS 1) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) dilantik pada hari Jumat (8/12). Prosesi pelantikan ini digelar di gedung Graha Medika UB dan dipimpin oleh Dekan FKUB Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA. Dengan demikian seluruh alumni PS PDS 1 FK UB sampai saat ini berjumlah 471 orang.

Dalam sambutannya, Dr. Karyono mengatakan, pemenuhan kebutuhan jumlah tenaga dokter spesialis dan pemerataan masih jauh dari harapan. “Saudara sebagai dokter spesialis alumni PS PDS I FK UB diharapkan dapat berperan secara maksimal sebagai tenaga profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan dokter spesialistik di rumah sakit,” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar dr. Budi Rahayu, MPA menuturkan, profesi dokter saat ini mendapat sorotan masyarakat karena sifat pengabdiannya yang sangat kompleks.

“Keselamatan pasien merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan aktivitas kedokteran. Untuk itu sangat diperlukan jalinan komunikasi yang baik antara dokter dan pasien sehingga dapat diperoleh kejelasan informasi proses medis yang dijalani. Hal tersebut untuk menghindarkan adanya salah paham atau ketidakmengertian pasien yang bisa berujung pada tuntutan/gugatan,” papar dr. Budi.

Dr. Budi berharap bagi lulusan yang tidak ada ikatan kerja agar memantapkan hati untuk mengamalkan ilmu dengan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan cara bekerja di daerah.

“Saat ini masyarakat di Kabupaten/Kota sudah lama manunggu pelayanan kesehatan yang berkualitas, Saudara bebas memilih menjadi PNS atau dokter praktek swasta, asalkan jangan berkumpul di kota-kota besar seperti Surabaya dan Malang,” pungkasnya.
Berikut nama-nama lulusan PS PDS 1. PS PDS Ilmu Bedah: dr. Feri Nugroho, SpB, dr. Ni Made Rika Trismayanti, SpB, dr. Amon Josafat, SpB, dr. Rony, SpB. Ilmu Penyakit Dalam: dr. Endah Pratamaningtyas, SpPD, dr. Nani Zaitun, SpPD, dr. Muhamad Satriyo Wirawan, SpPD. Obstetri Ginekologi: dr. Maya Devi Arifiandi, SpOG, dr. Novida Ariani, SpOG, dr. Fatmasari Perdana Menur, SpOG, dr. Tatik Sulistyowati, SpOG, dr. Nirmala Gina Prabawati, SpOG. Patologi Klinik: dr. Budiono Raharjo, SpPK. Ilmu Kesehatan THT-KL: dr. Khuznita Dasa Novita, SpTHT-KL, dr. Agus Gede Made Artha, SpTHT-KL, dr. Siti Umi Hanik, SpTHT-KL, dr. Willy Silyen, SpTHT-KL. Ilmu Kesehatan Anak: dr. Hudi Wiyassari, SpA, MBiomed, dr. Sumardi Fransiskus S., SpA, MBiomed, dan dr. Japendi Rizall PS, SpA, MBiomed. [Irene/An4nk]