Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 21 April 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Sebanyak 121 dokter baru lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) diambil sumpahnya di hadapan Dekan, Pembantu Dekan, dan Guru Besar, Rabu (16/4) di Gedung Samantha Krida UB.

121 Dokter baru yang diambil sumpahnya tersebut merupakan hasil yudisium pada tanggal 3 dan 7 April 2014. Sehingga dengan disumpahnya para dokter baru tersebut, jumlah lulusan FK UB saat ini berjumlah 4774 orang  yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dan di luar negeri.

Ketua Prodi Pendidikan Dokter FK UB, Prof.Dr.dr. Teguh W. Sardjono, DTM&H, MSc, SpPark mengatakan bahwa sebagai seorang dokter tidak hanya dituntut terampil dalam melaksanakan profesi sesuai dengan kompetensinya namun juga dituntut sebagai seorang ilmuwan.

“Oleh karena itu, saudara harus terus mengembangkan dan mengasah kemampuan saudara dengan selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kedokteran. Ingatlah bahwa dalam profesi kedokteran berlaku semboyan “belajar sepanjang hayat” atau long life learning,”katanya.

Dalam pidato pembukannya, dr.Teguh juga mengumumkan tiga lulusan terbaik dengan predikat cum laude dan dokter baru yang mendapat nilai CBT tertinggi.

Tiga lulusan terbaik tersebut adalah dr.Christian Surya Eka Putra, S.Ked (IPK 3.76); dr. Fireka Imsa Sastia Juniantika, S. Ked (IPK 3.73), dan dr.Nadina Zerlinda Mustamsir,S,Ked (IPK 3.72).

Sedangkan tiga dokter baru yang mendapat nilai CBT tertinggi adalah dr. Gilang Kristiawan Suharyono, S.Ked dengan nilai 88.5; dr. Prasetiyo Aji Nugroho, S.Ked dengan nilai 86,5; dr. Dendri Kusuma Purborisanti, S.Ked dengan nilai 86,0; dr. Dwi Widya Tri Wulandari, S.Ked dengan nilai 86,0.

Sementara itu, wakil lulusan dokter baru FK UB dr. Zaki Yamani, S.Ked mengungkapkan bahwa pengalaman dan tempaan yang selama ini didapat membuat berbeda dari lulusan fakultas lain mulai dari cara berpakaian, bagaimana berkomunikasi dengan orang lain serta mental yang kuat saat dihadapkan oleh sebuah masalah.

“Terakhir saya ingin sampaikan bahwa saya mewakili rekan-rekan sejawat dokter baru dengan tulus ikhlas berjanji akan selalu menjaga nama baik dan kehormatan FK UB, dan menerapkan ilmu kami untuk agama, kemaslahatan masyarakat, negara kami indinesia, dan dunia,”katanya. [Oky/An4nk]